Kemampuan Pemodelan Matematika dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika Berbantuan E-LKPD Interaktif di SMA

Authors

  • Nadia Agustini Universitas Sriwijaya
  • Kurniadi Elika Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.24014/juring.v8i1.35608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan matematika siswa dalam pembelajaran barisan dan deret aritmetika berbantuan E-LKPD interaktif yaitu dengan media pembelajaran liveworksheets. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 31 peserta didik kelas X.7 SMA Srijaya Negara Palembang. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data dianalisis yang didasarkan oleh hasil tes tertulis setiap peserta didik dan wawancara terhadap peserta didik sesuai dengan kategori kemampuan pemodelan matematika yang sudah ditentukan. Kemampuan pemodelan matematika peserta didik dilihat berdasarkan indikator kemampuan pemodelan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemodelan matematika siswa dalam pembelajaran berbantuan liveworksheets terkategori sangat baik dengan persentase sebesar 48,38%, terkategori cukup dengan persentase sebesar 16,12%, dan terkategori kurang dengan persentase 19,35%. Dalam pengerjaan soal tes yang diberikan oleh peneliti sebagian besar peserta didik dapat memenuhi indikator kemampuan pemodelan matematika dengan baik dan mampu menyelesaikan soal dengan kesimpulan jawaban yang tepat. Namun begitu, dalam proses menyelesaikan soal peserta didik masih mengalami kendala seperti kekeliruan dalam mengindentifikasi soal, membentuk model matematika yang belum sesuai, tidak mengindetifikasikan variabel dengan tepat serta kebingungan dan kesalahan dalam proses penyelesaian secara matematis. Meskipun mereka melakukan kesalahan di beberapa bagian penyelesaian soal, secara keseluruhannya peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan baik.

References

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal setara PISA Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167

Candraningsih, Y., & Warmi, A. (2023). Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Teori Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265

Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596

Fauzi, I., & Fhilrizki, S. I. (2022). Dampak Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kompetensi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.722

Febriani, D. S. A., Arifin, S. A. N., Sopiyaturrahmah, S., & Resmania. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMA/MA. Jurnal THEOREMS (The Origins Research of Mathematics), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8014

Fitriyani, F., Sakur, S., & Maimunah, M. (2020). Media Pembelajaran Matematika berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9006

Halizah, T. R., & Wijayanti, P. (2025). Pemodelan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 14(1), 149–174. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v14n1.p149-174

Hamid, R. M., & Rosyidi, A. H. (2025). Pemodelan Matematis Kolaboratif Siswa SMP pada Materi Fungsi Linier. MATHEdunesa, 14(2), 515–539. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v14n2.p515-539

Handayani, T., Hartatiana, H., & Muslimahayati, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i2.111

Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2020). Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), Article 3. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193

Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.649

Kurniadi, E., Darmawijoyo, D., Scristia, S., & Astuti, P. (2019). Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pemodelan Matematika Berbasis Pengembangan Soal. Jurnal Elemen, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1018

Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). The Importance Of Interactive Learning Media In a New Civilization Era. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3298

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.468

Oktaviana, E., Aima, Z., & Ramadoni, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Program Linear Kelas X SMK. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), Article 1.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), Article 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p

Pratikno, H. (2019). Analisis Kompetensi Pemodelan Matematika Siswa SMP pada Kategori Kemampuan Matematika Berbeda. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya. https://proceedings.ums.ac.id/knpmp/article/view/1924

Riyatuljannah, T., & Fatonah, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Penyelesaian Soal Berorientasi Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–68. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10089

Rulliawan, S., Pujiana, A. Y., Sobri, & Hilaliyah, T. (2025). Pemanfaatan E-LKPD Berbasis Web Lifeworksheet pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas 9 SMPN 5 Cibadak. Metakognisi, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.57121/meta.v7i1.291

Sari, R. K. S. R. K. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i1.682

Wijayanti, K., Khasanah, A. F., Rizkiana, T., Mashuri, Dewi, N. R., & Budhiati, R. (2021). Mathematical Creative Thinking Ability of Students in Treffinger and Brain-Based Learning at Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042085

Downloads

Published

2025-05-26

Issue

Section

Research Articles