Kemampuan Pemodelan Matematika dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika Berbantuan E-LKPD Interaktif di SMA
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v8i1.35608Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemodelan matematika siswa dalam pembelajaran barisan dan deret aritmetika berbantuan E-LKPD interaktif yaitu dengan media pembelajaran liveworksheets. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu 31 peserta didik kelas X.7 SMA Srijaya Negara Palembang. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Data dianalisis yang didasarkan oleh hasil tes tertulis setiap peserta didik dan wawancara terhadap peserta didik sesuai dengan kategori kemampuan pemodelan matematika yang sudah ditentukan. Kemampuan pemodelan matematika peserta didik dilihat berdasarkan indikator kemampuan pemodelan matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemodelan matematika siswa dalam pembelajaran berbantuan liveworksheets terkategori sangat baik dengan persentase sebesar 48,38%, terkategori cukup dengan persentase sebesar 16,12%, dan terkategori kurang dengan persentase 19,35%. Dalam pengerjaan soal tes yang diberikan oleh peneliti sebagian besar peserta didik dapat memenuhi indikator kemampuan pemodelan matematika dengan baik dan mampu menyelesaikan soal dengan kesimpulan jawaban yang tepat. Namun begitu, dalam proses menyelesaikan soal peserta didik masih mengalami kendala seperti kekeliruan dalam mengindentifikasi soal, membentuk model matematika yang belum sesuai, tidak mengindetifikasikan variabel dengan tepat serta kebingungan dan kesalahan dalam proses penyelesaian secara matematis. Meskipun mereka melakukan kesalahan di beberapa bagian penyelesaian soal, secara keseluruhannya peserta didik mampu menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan baik.
References
Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal setara PISA Konten Geometri. Numeracy, 7(2), 192–206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1167
Candraningsih, Y., & Warmi, A. (2023). Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Teori Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.33265
Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.596
Fauzi, I., & Fhilrizki, S. I. (2022). Dampak Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kompetensi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i3.722
Febriani, D. S. A., Arifin, S. A. N., Sopiyaturrahmah, S., & Resmania. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMA/MA. Jurnal THEOREMS (The Origins Research of Mathematics), 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8014
Fitriyani, F., Sakur, S., & Maimunah, M. (2020). Media Pembelajaran Matematika berbasis Komputer pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi Siswa SMP/MTs Kelas IX. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i1.9006
Halizah, T. R., & Wijayanti, P. (2025). Pemodelan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Ditinjau dari Gaya Belajar. MATHEdunesa, 14(1), 149–174. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v14n1.p149-174
Hamid, R. M., & Rosyidi, A. H. (2025). Pemodelan Matematis Kolaboratif Siswa SMP pada Materi Fungsi Linier. MATHEdunesa, 14(2), 515–539. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v14n2.p515-539
Handayani, T., Hartatiana, H., & Muslimahayati, M. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Barisan dan Deret. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v4i2.111
Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2020). Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), Article 3. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematis dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.649
Kurniadi, E., Darmawijoyo, D., Scristia, S., & Astuti, P. (2019). Kompetensi Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pemodelan Matematika Berbasis Pengembangan Soal. Jurnal Elemen, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1018
Kustyarini, K., Utami, S., & Koesmijati, E. (2020). The Importance Of Interactive Learning Media In a New Civilization Era. European Journal of Open Education and E-Learning Studies, 5(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.46827/ejoe.v5i2.3298
Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752
Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.468
Oktaviana, E., Aima, Z., & Ramadoni, R. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Aplikasi Liveworksheet Pada Materi Program Linear Kelas X SMK. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 7(1), Article 1.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), Article 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.p%25p
Pratikno, H. (2019). Analisis Kompetensi Pemodelan Matematika Siswa SMP pada Kategori Kemampuan Matematika Berbeda. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya. https://proceedings.ums.ac.id/knpmp/article/view/1924
Riyatuljannah, T., & Fatonah, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Pada Penyelesaian Soal Berorientasi Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 59–68. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10089
Rulliawan, S., Pujiana, A. Y., Sobri, & Hilaliyah, T. (2025). Pemanfaatan E-LKPD Berbasis Web Lifeworksheet pada Materi Teks Prosedur Siswa Kelas 9 SMPN 5 Cibadak. Metakognisi, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.57121/meta.v7i1.291
Sari, R. K. S. R. K. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Geogebra. Eksponen, 13(1), 25–36. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i1.682
Wijayanti, K., Khasanah, A. F., Rizkiana, T., Mashuri, Dewi, N. R., & Budhiati, R. (2021). Mathematical Creative Thinking Ability of Students in Treffinger and Brain-Based Learning at Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4), 042085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042085
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.