Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4772Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 TSPK dan VII-3 MTs Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Teknis analisis data yang digunakan yaitu anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL dengan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, tetapi tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.References
Ansari B. L. (2016). Komunikasi Matematik: Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Pena
Cai J., Jakabscin M. S., & Lane, S. (1996). Assesing Students’ Mathematical Communication. School Science and Mathematics. 96 (5). 238 - 246.
Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Dewi, P., Asnawati, R., & Widyastuti. (2017). Penerapan Strategi REACT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(3) retrieved from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12418
Gardenia, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Konsstruktivisme Model Needham. Jurnal Formatif, 6(2), 110-118.
Hanapi, G. R., Hulukati, E., & Gani, U. (2013), Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Kabila. Jurnal KIM FMIPA. 1(1). Diakses dari: http://kim.ung.ac.id/ index.php/KIMFMIPA/ issue/view/79
Harun, L. (2012). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan CTL Ditinjau Dari Pengetahuan awal Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 197-206.
Istarani, & Ridwan, M. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif, Medan: CV
Majid, A. I. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mahmudi, A. (2009). Komunikasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal MIP MIPA UNHALU. 8(1), diakses: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/Makalah+06+Jurnal+ UNHALU+2008+_Komunikasi+dlm+Pembelajaran+Matematika_.pdf
Nurhadi. Yasin, B. & Senduk, A.G. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang, Indonesia: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematik. Pekanbaru: Suska Press
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sefalianti, B. (2014). Pengaruh Pendektan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 11-20
Supriyanto, A. (2014). Penguatan Kemampuan KomunikasiMatematis sebagai Landasan Menumbuhkan Motivasi Belajar siswa. prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana Volume I, Bandung: STKIP
Siliwangi Sumarmo, U. (2013). Berfikir dan Diposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung: FMIPA UPI
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Edisi 10). Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya
TIMSS. (2011). International Result in Mathematics. http://timssandpirls.bc.edu/timss2011/ download/TII-IR-Matematics-FullBokk. Diakses pada tanggal 06 juni 2017 pukul 08.30.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zein, M & Darto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru, Indonesia: Daulat Riau
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.