Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Probing-Prompting untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Nurul Fadhilah Syamsir Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU
  • Noviarni Noviarni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis Probing-Prompting yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan  pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP N 7 Dumai. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa  SMP N 7 Dumai. Objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Probing-Prompting. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. LKS yang dihasilkan pengembangan sudah teruji dengan tingkat kevalidan dan tingkat kepraktisannya. Selain itu, pengujian menunjukkan bahwa LKS tersebut dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi. Oleh karena itu, LKS tersebut dapat digunakan untuk memfassilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa.

Author Biography

Nurul Fadhilah Syamsir, Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN SUSKA RIAU

PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti dan Utari Sumarmo. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama

Idris, Noraini. 2005. Pedagogi dalam Pendidikan Matematika. Selangor: Lahpron SDN

Istarani & Muhammad Ridwan. 2015. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: CV. Media Persada

Jinfa Cai, dkk. 2010. Assesing Students’ Mathematical Communication. School Science and Mathematics, 96(5), 238-246

Karunia Eka Sari dan Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya

Mayasari, Yuriska. 2014. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 1 : Penerapan Teknik Probing-Prompting Dalam  Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTSn Lubuk Buaya Padang, (Padang: FMIPA UNP)

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi, Jakarta: Bumi Aksara

Nurahman. Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP”, Pasudan Journal of Mathematics Education, Vol. 1

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Jogjakarta: DIVA press

Ramellan, Purnama. dkk. 2012. Kemampuan  komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif.” Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP Vol. 1 No.1, Part 2

Shoimin, Aris. 2013. Model Pemebelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta:AZ-RUZZ MEDIA

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suherman dkk, 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA UPI

Wijaya, Henry Putra Imam. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa SMP Kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 29 Semarang) Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika Vol.  4 No. 9. ISSN: 2339-1685

Downloads

Published

2018-10-01

Issue

Section

Research Articles