Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7504Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kemampuan komunikasi matematis dan pencapaiannya yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi metakognitif terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemandirian belajar siswa sekolah menengah pertama Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain NonequivalentPostest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Pekanbaru dengan sampel penelitian kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis, angket kemandirian belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji-t menunjukan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti tanpa strategi metakognitif.Berdasarkan hasil uji Anova Dua Arah dapat disimpulkan terdapatperbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah serta tidak terdapat interaksi antara strategi metakognitif dengan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa.References
Afiani, N. (2016). “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. Journal JKPM ,2(1), 1-13
Ansari, B.I. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar. Banda Aceh: Pena
Howard, J. B. (2004). Metacognitive Inquiry. School of Education Elon University, 1-3
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati.(2018). “Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru”.Juring: Journal for Research in Mathematics Learning 1(2), 137-146
Noviarni.(2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya Menuju Guru Matematika yang Kreatif dan Inovatif.Pekanbaru : Benteng Media
Lamonta, P.A., Tandiayuk, M.B. & Puluhulawa, I. (2016). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu Dalam Memahami Volume Balok”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 465-477
Risnawati.(2013). Keterampilan Belajar Matematika.Pekanbaru : Aswaja
Susantri.R. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Strategi Metakognitif (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2016), Diakses dari http://repository.upi.edu/30070/
Syah, M. (2010). Psikologi Belajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Tirtarahardja, U. & Sulo, L. (2000).Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Tupa, C. (2015). The Influences of Metacognitive Learning Model to the Problem Solving and Communication of Mathematics in Second Class at SMPN 29 Makassar. e-prints Universitas Negeri Malang.
Yamin, M. (2003).Strategi & Metode dalam Model Pembeajaran.Jakarta: GP Press Group
Zakaria, E., Nordin, N.M., & Ahmad, S. (2007). Trend Pengajaran dan Pembelajaran. Kuala Lumpur: Prin AD SDN BHD
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.