Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7525Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Think Pair Share dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan awal matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Think Pair Share, dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalahtes uraian untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa dan kemampuan awal matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t dan anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share dengansiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, sedang dan rendah, dan 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa.References
Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99–110.
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Ardinata, S., Siswantoro, S., & Suwarjo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi, 7(3). Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15382
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. JURNAL E-DuMath, 2(1). https://doi.org/10.26638/je.166.2064
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Bagus, C. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124.
Dahlan, J. A. (2014). Analisis Kurikulum Matematika. Dalam Kurikulum dan Pengembangannya (Vol. 1, hlm. 1–34). Diambil dari http://repository.ut.ac.id/4373/
Dwita, A., Bharata, H., & Noer, S. H. (2018). Efektivitas Pembelajaran Think Pair Share Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7). Diambil dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17026
Hamdayama, J. (2014). Model dan metode pembelajaran kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kartini, K. (2009). Peranan Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2009. Diambil dari http://www.uny.ac.id
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2016). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668
Misrayanti, M., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 207–212. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4761
Muhandaz, R., Lestari, M. M., & Kurniati, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 260–267. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.7047
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: An Overview. National Council of Teachers of Mathematics.
Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751
Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkaitan Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(1), 29–42. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.240
Rahmayanti, K. R., Hasanuddin, H., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 65–70. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4774
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Pers.
Susilawati, S., Chandra, T. D., & Abadyo, A. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas XI melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12402
Takaria, J., & Talakua, M. (2018). Efektivitas Model Collaborative Problem Solving (CPS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4(2), 190–203. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3852
Wahyuni, E. T., Hendryawan, S., Nasrullah, A., & Wachyar, T. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Think Pair Share (TPS). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 125–136. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1253
Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2015). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka. Majalah Ilmiah Solusi, 1(04).
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.