Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Self Regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7663Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa di SMP Negeri 1 Kampa yang belum optimal memiliki kemampuan koneksi matematis. Adapun hipotesis penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada atau tidaknya terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang memperoleh pembelajaran tanpa pendekatan RME, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki Self Regulated Learning belajar tinggi, sedang, dan rendah dan ada atau tidak terdapat interaksi antara pendekatan RME dan Self Regulated Learning belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Postest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Kampa tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 dan VIII.2. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis pertama adalah Uji-t sedangkan untuk hipotesis kedua dan ketiga menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai thitung= 3,470 > ttabel=2,006 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pendekatan RME. Hasil analisis data dengan menggunakan uji anova dua arah untuk menunjukkan F(B)hitung=95,1 > F(B)tabel=3,19 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki Self Regulated Learning belajar tinggi, sedang, dan rendah. Sedangkan F(A×B)hitung=-47,2 < F(A×B)tabel=3,19 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pendekatan RME dan Self Regulated Learning belajar siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa.References
Amir, Zubaidah dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Andriani, Melly dan Mimi Hariyani. (2013). Pembelajaran Matematika SD/MI. Pekanbaru: Benteng Media
Andriani, Ria K, dkk, (2016). “Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Disposisi Matematis Siswa”. Jurnal Penal Ilmiah: Vol.1, No.1
Hartono, (2015). Analisis Item Instrumen. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hendriana, heris. (2017). Hard skill dan Soft skill Matematika Siswa. Bandung:
PT.Refika Aditama.
Hendriana , Heris dan Utari Soemarno. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestari, Karunia Eka, dkk. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT.Refika Aditama.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: KEMENDIKBUD.
Nufus, Hayatun. (2015). “Pengaruh Penerapan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Mts Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru”. Suska Journal of Mathematics Education. Vol.1, No.1.
Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian pendidikan: jenis, metode, prosedur. Jakarta: Kencana
Sardiman AM. (2012). Interaksi & Motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT.Raja Garfindo Persada
Setyosari, Punaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiman, “Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama ”. Phytagoras. Vol.4, No.1. juni 2008.
Sugiyono. (2010). Metode Statistika Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhandri, Hayatun Nufus dan Erdawati Nurdin. Profil Kemampuan Koneksi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Level Kemampuan Akademik. Jurnal Analisa. Vol.3 No.2. Desember 2016
Sukardi. (2013) Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Shoimin,Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-RuzzMedia
Suryabata , Sumadi. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta,
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: graha ilmu
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.