Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v%25vi%25i.7664Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pendekatan pembelajaran Open-Ended berdasarkan kemandirian belajar siswa pada siswa SMPN 2 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 2 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan angket untuk mengukut kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa pendekatan pembelajaran Open-Ended;. 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah; 3) tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran Open-Ended dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.References
A, B. B. (2015). Penerapan Model Open Ended untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Repaking—Wonosegoro—Boyolali. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 78–91. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p78-91
Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Isrok’atun, I. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Burhan, B. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2). Diambil dari https://journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1062
Firdaus, F., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Pembelajaran Open Ended pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 227–236. https://doi.org/10.17977/jp.v1i2.6127
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Marsinia, W., & Rahmi, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 153–160. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5424
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Nasution, E. Y. P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. INSPIRAMATIKA, 3(1), 1–15.
Nurjannah, Z., & Irma, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembeljaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 40 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 227–235. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4776
Permendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20–24. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.78
Sari, S. R., & Fitraini, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 182–188. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5750
Sri, K. (2008). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Mapel PAI melalui Model Pendampingan Keagamaan (Skripsi, IAIN Walisongo). Diambil dari library.walisongo.ac.id › 83 › jtptiain-gdl-srikhumaya-4141-1-3103104_-p
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Suparman, & Husen, D. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning. BIOEDUKASI, 3(2). Diambil dari http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/bioedu/article/view/109
Walle, J. A. V. (2007). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah; Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.