Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP di Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.7784Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanyamasalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Self efficacy tinggi, sedang, rendah, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Faktorial Eksperiment Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknikClaster Random Sampling, terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi., tes dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa dalam pembelajaran, soal posttest kemampuan komunikasi, dan lembar angketself efficacy. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ANOVA dua arah (two way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SFAEdengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, rendah. 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran danself efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran SFaE berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.References
Azmi, M. P. (2017). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Instuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP.Aksioma (Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro,6(1), 68-80.http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.798
Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Pubshling.
Kurnia, R. D. M., Mulyani, I.,& Rohaeti, E. E. (2018). Hubungan Antara Kemandirian Belajar dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 59-64. http://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2183
Khaulah, S.(2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Student Facilitator And Explaining Pada Materi Statistik Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jangka.Jurnal Pendidikan Almuslim,4(1),38-43. Diambil dari http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/aritcle/view.109
Lestari, K. E.,& Yudhanegara, M.R. (2017).Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Marlina, Ikhsan, &Yusrizal. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan self-efficacy siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif.Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 35-45. Diambil dari http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1337
Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkaitan Hubungan antara Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa.Jurnal Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(2), http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v2i1.240
Rachmadini, S., Soenarto, M.,& Kurniasih, M. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SFE Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMPN 222 Jakarta. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 372-385. Diambil dari http:// www.journal.uhamka.ac.id
Rahmayanti, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa antara yangMendapatkan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Konvensional.Jurnal Pendidikan Matematika,3(1), 1-10. Diambil dari http://jounal.institutpendidikan.ac.id
Rahmi, S.,Rifka, N., Bibih., H.,&Wahyu, H.(2017). The Relation Between Self Efficacy Toward Math With The Math Comunication Competence.Jurnal Of Mathematics Education, 6(2),177-182. http://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung,1(1), 1-9. http://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p1-9
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.