Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v2i4.8566Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa di SMP Negeri 8 Tapung yang memiliki kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang rendah. Adapun hipotesis penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 8 Tapung tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B dan VII.C yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.References
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Azwaja Pressindo.
Andriani, L. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Inkuiri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 52–56. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1443
Antika, M. S., Andriani, L., & Revita, R. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 118–129. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7553
Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sleman: Deepublish.
Haryanti, S., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 077–087. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.6712
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Jannah, U. F., Fitraini, D., & Fitri, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 032–041. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.7258
J,B, H. (2004). Metacognitive Inquiry. School Of Education Elon University: Org. elon. edu.
Kurniati, A., & Sari, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 137–147. https://doi.org/10.24014/juring.v2i2.7494
Lestari, S. I., & Andriani, L. (2019). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Singingi Hilir ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6950
Masnia, F., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Scaffolding terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan SElf Efficacy Siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 249–256. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7675
Misrayanti, M., & Amir, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 207–212. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.4761
Muhandaz, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kota Padang. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1338
Muhandaz, R., Trisnawita, O., & Risnawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 137–146. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.6552
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730
Permendikbud-no-58-tahun-2014-tentang-kurikulum-smp.pdf. (t.t.). Diambil dari https://mintotulus.files.wordpress.com/2012/04/permendikbud-no-58-tahun-2014-tentang-kurikulum-smp.pdf
Pratiwi, M. I., & Hasibuan, I. M. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–80. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1404
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049–057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360
Riansyah, F., & Sari, A. (2018). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 119–126. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5426
Rustina, R. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 27–32. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.4233
Sari, R., Suhandri, S., & Nufus, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teachingterhadap Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 127–136. https://doi.org/10.24014/juring.v1i2.5555
Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057
Susanti, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa MTs Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 92–101. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4148
Yunita, S., Andriani, L., & Irma, A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 11–18. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4700
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.