Impression Management: Identitas dan Harga Diri dalam Motivasi Penggunaan Instagram di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Afrida Intan Wijaya Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hayatullah Kurniadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/kjcs.v4i1.19055

Keywords:

Dramaturgi, identitas, motivasi, manajemen kesan, harga diri

Abstract

Penelitian ini mengulik tentang motivasi impression management yang dilakukan Mahasiswa pada media sosial Instagram. Impression management adalah proses secara sadar atau tidak sadar oleh individu dengan tujuan untuk mempengaruhi persepsi orang lain tentang seseorang. Kehadiran media sosial meningkatkan potensi ketidaklarasaan antara dunia nyata dengan dunia maya. Melalui jenis penelitian kualitatif dan metode fenomenalogi penelitian ini menjelaskan bagaimana motivasi impression management mahasiswa pada media sosial Instagram. Motivasi mahasiswa melakukan impression managament untuk mempertahankan dan mengembangkan identitas diri serta memperoleh imbalan sosial. Pada panggung depan mahasiswa sangat menjaga penampilannya. Pada panggung belakang mahasiswa lebih berpenampilan apa adanya. Mahasiswa mendapatkan penghargaan diri (self-esteem) di media sosial dibandingkan denan dunia nyata. Mahasiswa dengan self- esteem rendah cenderung tidak terlalu aktif melakukan aktivitas Instagram, sedangkan mahasiswa dengan self-esteem yang tinggi cenderung aktif dalam melakukan aktivitas dan mengungkapkan dirinya di Instagram

References

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat Edisi Pertama. Prenamedia Group.

Dewi, D. R., Mayangsari, I. D., & Rina, N. (2016). Impression Management Mahasiswa Di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Pendekatan Dramaturgi Dikalangan Mahasiswa Universitas Telkom). E-Proceeding of Management, 3(2), 2321–2326. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/116466/jurnal_eproc/impression-management-mahasiswa-di-media-sosial-instagram-studi-deskriptif-kualitatif-menggunakan-pendekatan-dramaturgi-dikalangan-mahasiswa-univeritas-telkom-.pdf

Dihni, V. A. (2021). Instagram, Media Sosial Favorit Generasi Z di Dunia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/14/instagram-media-sosial-favorit-generasi-z-di-dunia#:~:text=Hasil survei We Are Social,lainnya%2C seperti Whatsapp dan Facebook.

Fang, Z., Ji, X., Qi, X., & Zhang, J. (2021). Analysis on Online Impression Management of Chinese Teenagers. Procedia Computer Science, 187, 170–175. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.04.048

Jan, M., Soomro, S. A., & Ahmad, N. (2017). Impact of Social Media on Self-Esteem. European Scientific Journal, 13(23), 329–341. https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n23p329

Liang, X. (2020). Impression Management In Social Networking Sites And Its Motivation. Proceedings of the 6th International Conference on Humanities and Social Science Research (ICHSSR 2020), 435. https://www.atlantis-press.com/proceedings/ichssr-20/125939387

Luik, J. (n.d.). Media Sosial dan Presentasi Diri (pp. 108–129). Universitas Kristen Petra. http://repository.petra.ac.id/15386/1/Media_Sosial_dan_Presentasi_Diri.pdf

Mulyana, D., & Solatun. (2007). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. https://repository.unib.ac.id/362/1/New-Metode Penelitian Komunikasi.PDF

Mutia, T. (2017). Generasi Milenial, Instagram Dan Dramaturgi: Suatu Fenomena Dalam Pengelolaan Kesan Ditinjau Dari Perspektif Komunikasi Islam. An-Nida’, 41(2), 240–251. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/4656

Picone, I. (2015). Impression Management in Social Media. In International Peer-Reviewed Journal of Communication and Humanities Researches. https://onlinelibrary.wiley.com/pb-assets/hub-assets/pericles/logo-header-1526603583437.png. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/9781118767771.wbiedcs071

Pounders, K., Kowalczyk, C. M., & Stowers, K. (2016). Insight into the motivation of selfie postings: impression management and self-esteem. European Journal of Marketing, 50(9/10), 1879–1892. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/EJM-07-2015-0502/full/html

Raco, J. . (2010). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF: JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA (Arita (Ed.)). PT Grasindo. https://osf.io/mfzuj

Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 1–12.

Shofiana, R. A., & Juariyah. (2018). Impression Management Pengguna Aplikasi Tik Tok (Analisis Dramaturgi Erving Goffman Bagi Siswa SMA/SMK di Kecamatan Ambulu) [Universitas Muhammadiyah Jember]. http://repository.unmuhjember.ac.id/7522/1/JURNAL.pdf

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Sodik/publication/314093441_Dasar_Metodologi_Penelitian/links/58b5028492851cf7ae941921/Dasar-Metodologi-Penelitian.pdf

Tashmin, N. (2016). Art of Impression Management on Social Media. World Scientific News, 30, 89–102. http://www.worldscientificnews.com/wp-content/uploads/2015/10/WSN-30-2016-89-102.pdf

Tiara, G. (2021). Dramaturgi Pengelolaan Kesan Konten Kreator di Media Sosial Instagram. Akrab Juara, 6(3), 14–24.

Wirawan, H. E. (1998). Buku Ajar Psikologi Sosial1. Universitas Tarumanagara.

Downloads

Published

2022-06-06

Issue

Section

Articles