Persepsi Mahasiswa Pendidikan Kimia UNIKS Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i1.26819Keywords:
Pandemi Covid-19, Pembelajaran online, Persepsi mahasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat persepsi mahasiswa pendidikan kimia Univesitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) terhadap efektivitas pembelajaran online di Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kombinasi (Mixed Methods) kualitatif dan kuantitatif. Data dan informasi dikumpulkan melalui kuisioner (angket). Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia semester 2, 4 dan 6 Tahun Akademik 2021/2022. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dianalisisis secara deskriptif dari kuisioner dengan menyusun tabel distribusi dan menampilkan data dalam bentuk diagram. Teknik analisis data menggunakan milik Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 48% setuju (S) dilakukan pembelajaran online karena dosen menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, 48% setuju (S) pembelajaran online dapat memperluas pengetahuan karena memanfaatkan internet untuk mencari informasi tentang pembelajaran, 48% setuju (S) pembelajaran online dilakukan saat adanya pandemi covid-19, 48% setuju (S) dalam pembelajaran online mahasiswa tetap mengerjakan tugas secara mandiri, 39% Setuju (S) pembelajaran online membutuhkan biaya yang banyak untuk membeli kuota, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran online di era pandemic covid-19 sangat bervariasi dan mendapat respon positif dari mahasiswa.
Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran online, Persepsi mahasiswa