Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i2.31449

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa pada materi hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Mandau. Kebaruan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan aplikasi Quizizz dengan akun super dengan fitur-fitur yang lebih banyak, dan membantu pendidik dalam mengembangkan teknologi-teknologi dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling, dimana kelas XI.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.4 sebagai kelas kontrol. Data minat belajar siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen angket, yang di analisis menggunakan uji t untuk melihat pengaruh aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa pada nilai signifikansi. Dari hasil yang diperoleh nilai t-hitung = 3,473 dengan nilai sig 2-tailed sebesar 0,001, dan nilai t-tabel = 1,998. Jika nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai t-hitung > t-tabel. Sehingga disimpulkan hipotesis nol (H0) ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan aplikasi Quizizz terhadap minat belajar siswa dengan koefisien pengaruh sebesar 8,5%.

Author Biographies

Cici Aprianis


 

Neti Afrianis, (Sinta ID : 6715120), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Downloads

Published

2024-07-24

Issue

Section

Articles