Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengenalan bahan alami pada materi sel volta, sehingga peserta didik tidak hanya memahami rangkaian menggunakan bahan kimia. Oleh karena itu, dibutuhkan penunjang pembelajaran yang dapat memberikan penjelasan pada materi sel volta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas video berbasis green chemistry pada materi sel volta yang telah di desain. Penelitian ini menggunakan jenis DDR (Desaign and development research) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu, perencanaan, perancangan dan pengembangan. Penelitian dilakukan di MAN 1 Rokan Hilir pada kelas XII MIPA. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Hasil penelitian desain dan uji coba video berbasis green chemistry sebagai media pembelajaran pada materi sel volta memperoleh presentase tingkat validitas ahli materi sebesar 94% dan ahli media 96,9% dengan kategori sangat valid. Untuk presentase tingkat praktikalisasi dari guru kimia sebesar 92,9% dan respon peserta didik 88,1% dengan kategori sangat praktis dan menarik. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa video berbasis Green chemistry sangat valid, praktis dan menarik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada materi sel volta