Penerapan kompetensi baca al-Qur’an berbasis metode drill pada hukum bacaan mad thobi’i ( مَدْ طَبِيْعِى ) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau
DOI:
https://doi.org/10.24014/jiik.v11i1.13879Keywords:
Kompetensi, al-Qur’an, Metode drill, Mad thobi’iAbstract
Penelitian ini disusun karena adanya permasalahan pada kemampuan mahasiswa UMRI semester 5, dalam membaca al-Qur’an menerapkan hukum bacaan Mad Thabi’i. maka dosen pembimbing berupaya meningkatkan kemampuan tersebut dengan cara menerapkan metode drill dalam proses pembelajaran. pada penelitian ini, hipotesis nihil (Ho) yang diajukan adalah “tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan metode drill dengan kemampuan mahasiswa menerapkan hukum bacaan mad thabī’ī dalam membaca al-Qur’an,”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dokumentasi dan wawancara. subyek penelitian ini adalah mahasiswa UMRI semester 5. sedangkan analisis datanya menggunakan rumus ‘r’ Product Moment dari Karl Pearson. hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa hasil hitung rxy lebih besar dari Rt baik pada taraf signifikansi 1% maupun 5%, yakni : rxy = 0,781 ≥ Rt 0,478 → untuk 1% dan rxy = 0,781 ≥ Rt 0,374 → untuk 5%. dengan demikian, hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya “terdapat pengaruh positif yang signifikan” antara penggunaan metode drill dengan kemampuan mahasiswa menerapkan hukum bacaan mad thabī’ī dalam membaca al-Qur’an Universitas Muhammadiyah Riau.
References
A.S, W., & Hamadi, M. (2005). Strategi Mengajar dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Sutra Benta Perkasa.
Arikunto, S. (1989). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dradjat, Z. (2004). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Humam, A. (2002). Cara Cepat Belajar Tajwid Praktis. Yogyakarta: Balai Litbang LPPTQ Nasional.
Ismail, A. M., & Nawawi, M. U. (1995). Pedoman Ilmu Tajwid. Surabaya: Karya Abditama.
Jamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Mustaqim, & Wahid, A. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Susilo, M. J. (2006). Gaya Mengajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: Pinus.
T, I., & Darsono, H. (2017). Pemahaman al-Qur'an dan Hadits . Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Tohirin. (2005). Psikologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Grapindo Persada.
Yusuf, T. (1993). Ilmu Praktek Mengajar; Metodik Khusus Pengajaran Agama. Bandung: Al-Ma'arif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Indonesia Journal of Creative Counseing allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License