PENDIDIKAN ISLAM dan PEMBENTUKAN MASYARAKAT MADANI
DOI:
https://doi.org/10.24014/jiik.v6i2.4819Abstract
Upaya pembaruan pendidikan Islam tidak lagi bersifat konsumtif dalam pengertian pemuasan secara langsung atas kebutuhan dan keinginan yang bersifat sementara atau “tambal sulam” konsep saja, tetapi harus merupakan bentuk investasi “sumber daya manusia (human investment)” yang berkualitas, dengan tujuan utama: (1) pendidikan Islam harus dapat membantu peningkatkan kualitas iman yang aplikatif, pengetahuan, dan keterampilan untuk dapat bekerja lebih produktif; (2) pendidikan Islam sebagai proses pembebasan dan proses pencerdasan manusia; (3) pendidikan Islam sebagai proses untuk menjunjung tinggi hak-hak anak, mengembangkan pemahaman tentang toleransi, perbedaan etno-kultural, perbedaan dan keragaman agama, pluralitas; (4) pendidikan Islam sebagai proses pemberdayaan potensi manusia; (5) pendidikan Islam dapat menjadikan anak berwawasan integratif; (6) pendidikan Islam dapat menghasilkan manusia demokratis dan membangun watak persatuan; dan (7) pendidikan Islam dapat menghasilkan manusia cinta perdamaian dan peduli terhadap lingkunganDownloads
Published
2016-12-27
Issue
Section
Articles
License
Indonesia Journal of Creative Counseing allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License