DUKUNGAN AYAH DAN IBU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. SIAPA YANG LEBIH BERPERAN?

Authors

  • Raja Rahima Munarawah Raja Ahmad UIN Sulthan Syarif Kasim Riau
  • Riswani Riswani UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hasgimianti Hasgimianti UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fitra Herlinda UIN Sulthan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/marwah.v20i2.14597

Keywords:

Dukungan Orang Tua, Ayah dan Ibu, Pendampingan, Pembelajaran Online

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran ayah dan ibu dalam melakukan pendampingan serta menggambarkan kendala dirasakan. Penelitian ini menggunakan pendekan mix method yaitu kuantitatif dengan survei dan kualitatif dengan cara melakukan wawancara pada orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Yayasan Darel Fadhilah dengan jumlah responden sebanyak 52 orang tua wali siswa. Ayah dan ibu sama-sama berperan sebagai support sistem bagi anak-anak mereka dalam 4 indikator yaitu Emotional or esteem support, Tangible or instrumental support, Informational support, Companionship support.  Perbedaannya terletak pada peran ayah lebih unggul dalam Informational support dan ibu lebih unggul dalam Companionship support. Kendala yang dirasakan orang tua dalam memberikan dukungan: kesibukan karena bekerja mencari nafkah, anggapan bahwa anak bisa belajar sendiri, keterbatasan dalam pemenuhan kuota internet, dan keterbatasan dalam memahami materi ajar anak yang diberikan oleh guru di sekolah.

References

Anugrah, C. D. (2020). Kesulitan Kuota Dalam Pembelajaran Daring Banyak Siswa Berburu Sinyal di Atas Bukit. Retrieved from http://www.beritamagelang.id/kolom/kesulitan-kuota-dalam-pembelajaran-daring-banyak-siswa-berburu-sinyal-di-atas-bukit

Astuti, D. (2017). Keterlibatan Pengasuhan Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal Dengan Anak Perempuannya Setelah Terjadinya Perceraian (Studi Kasus Komunikasi Antarpribadi Di

Desa Kwangsan, Kecamatan Jumapolo). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2930

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

CNN, I. (2020). Tak Bisa Beli Kuota, Siswa di Ambon Belajar di Kantor Polisi. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200804140639-20-532005/tak-bisa-beli-kuota-siswa-di-ambon-belajar-di-kantor-polisi

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Nugraheny, D. E. (2020). Survei KPAI: 43 Persen Siswa Keluhkan Kuota Internet untuk Pembelajaran Daring. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/08/08/10265321/survei-kpai-43-persen-siswa-keluhkan-kuota-internet-untuk-pembelajaran

Sarafino, E.P. dan Smith, T. . (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interaction (Seventh). New York: Jhon Wiley & Sons,Inc.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles