DUKUNGAN AYAH DAN IBU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE. SIAPA YANG LEBIH BERPERAN?
DOI:
https://doi.org/10.24014/marwah.v20i2.14597Keywords:
Dukungan Orang Tua, Ayah dan Ibu, Pendampingan, Pembelajaran OnlineAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran ayah dan ibu dalam melakukan pendampingan serta menggambarkan kendala dirasakan. Penelitian ini menggunakan pendekan mix method yaitu kuantitatif dengan survei dan kualitatif dengan cara melakukan wawancara pada orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Yayasan Darel Fadhilah dengan jumlah responden sebanyak 52 orang tua wali siswa. Ayah dan ibu sama-sama berperan sebagai support sistem bagi anak-anak mereka dalam 4 indikator yaitu Emotional or esteem support, Tangible or instrumental support, Informational support, Companionship support. Perbedaannya terletak pada peran ayah lebih unggul dalam Informational support dan ibu lebih unggul dalam Companionship support. Kendala yang dirasakan orang tua dalam memberikan dukungan: kesibukan karena bekerja mencari nafkah, anggapan bahwa anak bisa belajar sendiri, keterbatasan dalam pemenuhan kuota internet, dan keterbatasan dalam memahami materi ajar anak yang diberikan oleh guru di sekolah.References
Anugrah, C. D. (2020). Kesulitan Kuota Dalam Pembelajaran Daring Banyak Siswa Berburu Sinyal di Atas Bukit. Retrieved from http://www.beritamagelang.id/kolom/kesulitan-kuota-dalam-pembelajaran-daring-banyak-siswa-berburu-sinyal-di-atas-bukit
Astuti, D. (2017). Keterlibatan Pengasuhan Ayah Sebagai Orang Tua Tunggal Dengan Anak Perempuannya Setelah Terjadinya Perceraian (Studi Kasus Komunikasi Antarpribadi Di
Desa Kwangsan, Kecamatan Jumapolo). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 8(1), 19–34. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2930
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
CNN, I. (2020). Tak Bisa Beli Kuota, Siswa di Ambon Belajar di Kantor Polisi. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200804140639-20-532005/tak-bisa-beli-kuota-siswa-di-ambon-belajar-di-kantor-polisi
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Nugraheny, D. E. (2020). Survei KPAI: 43 Persen Siswa Keluhkan Kuota Internet untuk Pembelajaran Daring. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2020/08/08/10265321/survei-kpai-43-persen-siswa-keluhkan-kuota-internet-untuk-pembelajaran
Sarafino, E.P. dan Smith, T. . (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interaction (Seventh). New York: Jhon Wiley & Sons,Inc.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705