KONSTRUKSI KELUARGA ISLAMI LEWAT #QUOTEMUSLIMAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.24014/marwah.v18i1.6426Keywords:
perempuan, media sosial, muslimah, keluarga, rumah tangga, instagram, #quoteAbstract
Media sosial memiliki kekuatan dalam mengonstruksi wacana, termasuk dalam menciptakan sebuah diskursus keislaman dan gender. Salah satu media sosial yang populer bagi anak muda adalah instagram, yang selain berfungsi sebagai hiburan, juga menjadi arena pertarungan wacana keislaman dan gender. Tema-tema yang dekat dengan masyarakat generasi muda pengguna media sosial, diantaranya adalah tentang rumah tangga dan pernikahan. Salah satu konten-konten menyebarkan diskursus keislaman dan perempuan adalah #quotemuslimah. Penggunaan tagar memiliki kekuatan untuk berbagi, membentuk komunitas-komunitas, hiburan, bahkan mobilisasi. Tulisan ini menjawab bagaimana konstruksi keluarga Islami, relasi suami dan istri, serta konstruksi gender yang diwacanakan melalui #quotemuslimah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pendekatan gender. Hasilnya, diketahui bahwa sebaran konten berbagai akun yang menggunakan (tagar) #quotemuslimah ini menutup diskursus-diskursus Islam yang demokratis. Quote-quote tersebut justru berpotensi menciptakan keluarga yang otoriter dan sangat patriarkis.References
Agustina, Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Sikap Konsumerisme Remaja di SMA Negeri 3 Samarinda, e-journal Ilmu Komunikasi Volume 4 No 3, 2016, Fisip, Universitas Mulawarman Samarinda: Unmul, 2016
Centre For Strategic and International Studies, Ada Apa dengan Milenial: Orientasi Sosial, Ekonomi dan Politik, Jakarta, 2017
Diniarti, R. T.O. Ihromi (penyunting), Bunga rampai Sosiologi Keluarga, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
Eko Meinarno, Karlina Silalahi (penyunting), Keluarga Indonesia: Aspek dan Dinamika Zaman, Jakarta: Rajawali Press, 2010
Husein Muhammad, Islam Agama Ramah Perempuan: Pembelaan Kiyai Pesantren, Yogyakarta: LKIS, 2004
https://databoks.katadata.co.id
Fakih, Mansour, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001
Istanto, Freddy, Jurnal NIRMANA Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Kristen Petra Vol. 2, No. 1, Januari 2000
Meinarno, Eko, Silalahi, Karlina (penyunting), Keluarga Indonesia: Aspek dan Dinamika Zaman, Jakarta: Rajawali Press, 2010
Mufidah, Psikologi Keluarga Islam Berbawasan Gender, Malang: UIN Maliki Malang Press, 2013
Nasrullah, Rully Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016
R. Diniarti, T.O. Ihromi (penyunting), Bunga Rampai Sosiologi Keluarga, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
Rully Nasrullah, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016
Rusadi, Udi, Kajian Media: Isu Ideologis dalam Perspektif, Teori, dan Metode, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015
Sakinah, Ade Irma, Hasanah, Dessy, Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia, Social Work Journal, Volume 7 Nomor 1, Universitas Padjajaran, Bandung: Unpad, 2017
Suleeman, Evelyn, T.O. Ihromi (penyunting), Bunga rampai Sosiologi Keluarga, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
Sidik Hasan, Nashirudin, Perempuan dalam Lipatan Pemikiran Muslim: Tradisional Versus Liberal, Surabaya: Jaringpena, 2009
www.antaranews.com
www.beritagar.id
www.liputan6.com
www.tirto.id