REGULASI EMOSI PADA REMAJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.24014/marwah.v18i1.6525Keywords:
Regulasi Emosi, Perubahan Emosi, GenderAbstract
Terdapat perbedaan pengelolaan emosi antara laki-laki dan perempuan baik secara biologis maupun psikologis, yang menimbulkan perbedaan dalam cara berpikir, berperasaan dan berperilaku antara laki-laki dan perempuan. Akibatnya, muncul streotype gender, perempuan lebih emosi, pria tidak. Tulisan ini mendiskusikan tentang perbedaan pengelolaan emosi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di Sekolah Menengah Atas Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode perbandingan. Jumlah populasi adalah 4262 siswa yang tersebar di beberapa Sekolah Menengah Atas Negeri dan Sekolah Menengah Atas swasta di Pekanbaru. Jumlah sampel adalah 398 siswa. Sampel diambil menggunakan tehnik quota sampling. Alat pengumpul data adalah skala regulasi emosi yang telah dikembangkan oleh Gratz dan Roemer. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan regulasi emosi antara siswa laki-laki dan siswa perempuan dengan taraf signifikansi p=0.000 dan nilai mean pada laki-laki (m= 44,430) lebih tinggi dari perempuan (M=41.88). Perbedaan ini dipengaruhi oleh perbedaan dalam expressive suppression dan tuntutan sosial budaya kepada merekaReferences
Azri, Anggota TNI Dikeroyok Siswa SMAN Olahraga Riau. Riau Pos [on-line], 2013, Diakses 20 September 2018 dari http://riaupos.co/35071-arsip-anggota-tni-dikeroyok-siswa-sman-olahraga-riau.html#.W-2KNfkzbIU
Berk, L. E., Development Through The Lifespan: Dari Prenatal Sampai Remaja (Transisi Menjelang Dewasa), Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012
Davis, C. dan Katzman, M, Charting new Territory: Body Esteem, Weight Satisfaction, Depression, and Self-esteem Among Chinese Males and Females in Hongkong, A Journal Research, Vol. 36; Issue: 7, 1997
Gladstone, T.R.G. dan Koenig, L.J., Sex Differences in Depression across the High School to College Transition, Journal of Youth and Adolescence, Vol.23: Issue; 6, 2002
Gratz, K. L., dan Roemer, L., Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of the Difficultiesin Emotion Regulation Scale, Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment, 26, 2004
Gross, J., Richards. M., dan John, O. P., Emotion Regulation in Everyday Life, 2006. Diakses 2 Februari 2018 dari http://media.rickhanson.net/Papers/EmotRegDaily%20Life.pdf
Hessler, D.M. dan Katz, L.F., Brief report: Associations Between Emotional Competence and Adolescent Risky Behavior, Journal of Adolescence, 33, 2010
Hurlock, E. B., Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga, 2011
Kurniawansyah, R., Depresi Sering Dirundung Siswi SMA di Kampar Bunuh Diri, Media Indonesia [on-line], 2017. Diakses 20 September 2018 dari http://mediaindonesia.com/read/detail/115629-depresi-sering-dirundung-siswi-sma-di-kampar-bunuh-diri
Lewis, M., Jones, J, H., Barret, L, F., Handbook of Emotion Third Edition, New York: Published Guilford Press, 2008
Matsumoto, D., Takeuchi, S., Andayani, S., Kouznetsova, N., dan Krupp, D, The Contribution of Individualism vs. Collectivism to Crossnational Differences in Display Rules, Asian Journal ofSocial Psychology, 1, 1998
Neff, K. D., dan McGehee, P., Self-compassion and Psychological Resilience Among Adolescent and Young Adults, Self and Identity, 9, 2010
Prahara, A, Seorang Pelajar di Inhil Akhiri Hidup dengan Gantung Diri, Spirit Riau [on-line], 2018. Diakses 20 September 2018 dari http://spiritriau.com/page/Indragirihulu/108812/view/Peristiwa/108819/Seorang-Pelajar-di-Inhil-Akhiri-Hidup-dengan-Gantung-Diri.html#.W-1s-_kzbIV
Romer, N., Ravitch, K., Tom, K., Merrell, K. W., dan Wesley, K. L., Gender Differences In Positive Social–Emotional Functioning, Psychology In The Schools, Vol. 48, 2011
Santrock, J.W., Remaja Edisi kesebelas Jilid 1, Jakarta: Erlangga, 2007
Sani, A, Numpang Belajar di SMA lain Siswa di Pekanbaru Nyaris Tawuran. Merdeka [on-line], 2014. Diakses 20 September 2018 dari https://www.merdeka.com/peristiwa/numpang-belajar-di-sma-lain-siswa-di-pekanbaru-nyaris-tawuran.html
Simon, R. W., dan Nath, L. E., Gender and Emotion in The United States: Do Men and Women Differ in Self-reports of Feelings and Expressive Behavior?. American Journal of Sociology, 109, 2004
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016
Tanjung, B., Merampok Tiga Pelajar SMA di Pekanbaru Ditangkap. Sindonews [on-line], 2014. Diakses 20 September 2018 dari https://daerah.sindonews.com/read/928320/24/merampok-tiga-pelajar-sma-di-pekanbaru-ditangkap-1416812993
Ubaidillah, Hubungan antara Regulasi Emosi dan Pengambilan Keputusan dalam Melakukan Transaksi di Pasar Valuta Asing pada Trader, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga, 2014