AGENSI PEREMPUAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH: BELAJAR DARI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.24014/marwah.v18i1.6862Keywords:
Perempuan, Manejer, ManajemenAbstract
Keadilan dan kesetaraan gender hingga saat ini masih terus diperjuangkan untuk menempatkan perempuan pada posisi yang setara dengan laki-laki. Hasilnya telah banyak ditunjukkan dengan banyaknya perempuan menduduki posisi penting sebagai pengambil kebijakan bersama-sama dengan laki-laki. Demikian juga dalam bidang pendidikan. Tulisan ini menjelaskan tentang bagaimana kontribusi perempuan dengan laki-laki dalam memanajemen pendidikan madrasah. Pelaksanaan penelitian ini bertempat di pondok pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif merupakan metode yang memiliki prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang atau bahkan dari perilaku orang yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi perempuan dalam pelaksanaan program serta pengawasannya pondok pesantren Nurul Jadid memfungsikan kaum perempuan berperan sebagai perpanjangan tangan dari pengasuh dalam mengelola pesantren, pada posisi wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Peran laki-laki masih sebagai “raja” sedangkan perempuan sebagai manajer yang bertanggung jawab dalam mengatur santriReferences
Abdullah Rikza, Fauziyah Masyhari, “Pengembangan Lembaga Pendidikan di Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang.” Dirosat Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2 (No. 1), 2016
Ardiyani, Dian, “Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah.” Jurnal Tajdida 15 (1), 2017
Arifin, Muhyiddin Zainul, “Peran Kepemimpinan Nyai di Pondok Pesantren.” Jurnal Sains Dan Teknologi Vol. 7 (No. 2), 2014
Bodgan, Robert dan Taylor, Stevent J., Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Edited by A. Khozin Afandi, Surabaya: Usaha Nasional, 1993
Fu’ad Arif Noor, “Manajemen Pembinaan Kinerja Guru Raudlatul Athfal ( RA ) dalam Bentuk Balanced Scorecards ( BSC ).” Manajemen Dan Pendidikan Islam 4 (1), 2018
Husna, Ambarwati dan Aida, “Manajemen Pesantren Responsif Gender :” Jurnal Palastren 7 (2), 2014
Maryati Jabar, Djusmaini Djamas, Latisma Dj., “Analisis Kebijakan Pendidikan Berwawasan Gender Di Universitas Negeri Padang.” Jurnal Humanus XI (2), 2012
Mujiburrahman, “Islam, Perempuan Dan Pendidikan.” Jurnal Marwah Vol. XIII (No. 1), 2014
Nurlina, “Model Kepemimpinan Dalam Karakteristik Gender.” Jurnal An-Nisa’ VIII (No. 1), 2015
Rahim, Abdullah, “Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Gender.” Jurnal Al-Maiyyah 9 (2), 2016
Reny Yulianti, Dedi Dwi Putra, Pulus Diki Takanjanji, “Women Leadership: Telaah Kapasitas PerempuanSebagai Pemimpin.” Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 10 (2), 2018
Syafrida, “Evaluasi Materi Pendidikan Islam Perspektif Gender.” Jurnal Marwah Vol. XIV (No. 1), 2015
Syarif, Zainuddin, “Manajemen Kepemimpinan Kiai dan Kontribusinya Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren.” Jurnal Pendidikan dan Manajemen 6 (No. 2), 2017
Zuhriyah, Lailatuz, “Perempuan, Pendidikan dan Arsitek Peradaban Bangsa.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol. 2 (No. 2), 2018