KONSEP PENDIDKAN ANAK MARGINAL DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT

Authors

  • Meri Sandora Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/marwah.v18i2.7588

Keywords:

Anak Marginal, Pendidikan Berbasis Masyarakat, Rumah Singgah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pendidikan untuk anak-anak yang termarginalkan. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapatnya anak marginal pada masyarakat kita. Anak-anak marginal ini belumlah mendapatkan hak-haknya sebagaimana anak-anak pada umumnya, terutama dalam hal mendapatkan pendidikan baik itu formal maupun informal. Hal ini dilatarbelakangi oleh ekonomi keluarga, dan kondisi sosial. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa anak-anak marginal belum mendapat pendidikan yang layak, padahal sekarang ini sudah terdapat rumah singgah untuk mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan. Namun sayangnya rumah singgah ini belumlah tersosialisasi dengan baik kepada mereka. Rumah singgah ini adalah sebagai tempat untuk mereka mendapatkan pendidikan dan keterampilan agar mereka mempunyai keahlian guna memperoleh pekerjaan yang lebih layak

References

Freire, Paulo. (1984). Pendidikan, Pembebasan, Perubahan Sosial. Jakarta: PT. Sangkala Pulsar

Ishaq, M. (1998). Pengembanga Modul Literasi Jalanan Untuk Peningkatan Kemampuan Hidup Bermasyarakat Anak-anak Jalanan. Makalah Lokakarya Modul Literasi Jalanan di BPKB. Bandung: Yayasan Bahtera-Unicef

http://id.shvoong.com/social-sciences/anthropology/2134959-anak-anak-marjinal-yang-terlupakan/#ixzz1nONVM1OD

http://edukasi.kompas.com - 8 Januari 2010

http://www.riauterkini.com - 12 Januari 2010

Kasmianto, dkk. (2007). Panduan dan Potret Pendidikan Anak Marginal. Upaya Mencerdaskan Anak Bangsa sampai ke Pelosak Negeri. Pekanbaru: Unri Press

Maksum, Ali dan LY. Ruhendi (2002). Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern. Yogyakarta: IRCISOD

Reza Bastian, Aulia. (2002). Reformasi Pendidikan; Langkah-langkah Pembaharuan dan Pemberdayaan Pendidikan Dalam Rangka Desentralisasi Sistem Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama

Suyanto. (2006). Dinamika Pendidikan Nasional - Dalam Percaturan Dunia Global. Jakarta PSAP Muhammadiyah

Zubaida. (2005). Pendidikan Berbasis Masyarakat. Upaya Menawarkan Solusi Terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2020-01-21

Issue

Section

Articles