KONTRUKSI MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA MELAYU Sebuah Pendekatan Etnomatematika

Authors

  • Zulkifli M. Nuh Dosen Senior Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
  • Nur Hasanah Dosen Senior Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum UIN Suska Riau
  • Imam Hanafi Institute for Southeats Asian Islamic Studies UIN Suska Riau

Abstract

Matematika sebagai sebuah ilmu, mengunggulkan sisi kognifif dan cenderung mengabaikan konteks social peserta didik dalam proses pembelajarannya. Agar matematika mampu memberikan makna bagi peserta didik, maka proses pembelajaranya perlu dikontruksi dengan menerapkan pembelajaran yang memanfaatkan budaya yang berkembang di sekitar lingkungan siswa. Tulisan ini, mengkaji aspek-aspek pengetahuan budaya lokal dan matematika. Berdasarkan berbagai penelitian yang diperoleh dari literatur, penulis menyimpulkan bahwa untuk memperkaya konteks matematika, siswa harus diberdayakan melalui pengintegrasian konten matematika dan budaya yang sesuai dengan pengalaman hidup mereka sehingga dapat mengarah pada keberhasilan belajar matematika.

References

Achor, E. E., Imoko, B. I., & Uloko, E. S. (2009). “Effect of ethnomathematics teaching approach on senior secondary” Locus. Educational Research and Review, 4(8), pp. 385-390.

Apple, M. (2004). Ideology and curriculum (3rd ed.). New York: Routledge

Falmer Bandeira, F. A., & Lucena, I. C. R. (2004). Etnomatemática e práticas sociais [Ethnomat-hematics and social practices]. RN, Brazil: UFRN

Dossey, J. A. (1992). “The nature of mathematics: Its role and its influence” dalam D. A. Grouws (Ed.), Handbook of research on mathematics teaching and learning: A Project of the National Council of Teachers of Mathematics. New York, NY: Macmillan

Ogbu, J. U. (1995). Understanding cultural diversity and learning. Dalam J. A. Banks dan C. A. M. Banks (Eds.), Handbook of research on multicultural education (pp. 582–593). New York: Macmillan.

Orey, D.C. dan M. Rosa. (2004). Ethnomathematics and the teaching and learning Mathematics from a multicultural perspective. IV Festival Internacional de Mathemática, San José Costa Rica 2004.

Powell, A. B. dan Frankenstein, M. (1988). Ethnomathematics: Challenging Eurocentrism In Mathematics Education. Albany: State University of New York Press.

Powell, A. B. dan Frankenstein, M.. (1997). “Ethnomathematics praxis in the curriculum”, dalam A. B. Powell & M. Frankenstein (Eds.), Challenging Eurocentrism in mathematics education New York, NY: SUNY.

Presmeg, N. C. (1998). “Ethnomathematics in Teacher Education”, dalam Journal of Mathematics Teacher Education, 1, 317–339.

Rosa, M., dan Orey, D. C. (2003). Vinho e queijo: Etnomatemática e Modelagem! [Wine and cheese: Ethnomathematics and modelling!]. BOLEMA, 16(20), 1-16.

----------. (2008). “Ethnomathematics and cultural representations: Teaching in highly diverse contexts”, dalam Acta Scientiae - ULBRA, 10, 27-46.

Rosaldo, R. (1993). Culture and Truth. Boston: Beacon Press.

Rosen, K. H. (1991). Discrete Mathematics and Its Applications. Second Edition. New York: McGrawHill.

Downloads

Published

2021-12-19