ANTARA ADAB DAN ILMU: Gagasan Pendidikan Islam Raja Ali Haji dalam Konteks Ke-Melayu-an
Abstract
Tulisan ini mengkaji gagasan pendidikan Islam Raja Ali Haji melalui telaah terhadap karya-karya sastranya, khususnya Gurindam Dua Belas dan naskah-naskah nasihat lain yang merepresentasikan tradisi intelektual Melayu-Islam. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka dan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa Raja Ali Haji menawarkan suatu model pendidikan yang berakar pada nilai adab, ilmu, dan spiritualitas, serta menjadikan budaya sebagai medium penyemaian karakter. Pemikirannya tidak hanya merupakan refleksi nilai-nilai Islam universal dalam konteks budaya Melayu, tetapi juga bentuk kritik terhadap pendidikan modern yang kehilangan ruh etis dan identitas lokal. Artikel ini merekomendasikan penguatan kurikulum pendidikan berbasis nilai-nilai lokal sebagai upaya merawat akar budaya sekaligus menjawab tantangan pendidikan masa kini.