Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Analisis Pengaruh Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v10i1.24585Keywords:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, perkembangan sosial-emosional, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap perkembangan sosial-emosional peserta didik di Madrasah Aliyah Mathlabul Huda Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah desain regresi linier sederhana. Data diperoleh melalui penggunaan instrumen kuesioner yang mengukur tingkat penguatan profil pelajar Pancasila dan perkembangan sosial-emosional peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penguatan profil pelajar Pancasila dan perkembangan sosial-emosional peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat penguatan profil pelajar Pancasila, semakin tinggi pula perkembangan sosial-emosional peserta didik. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam konteks pendidikan di Madrasah Aliyah. Menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan perkembangan sosial-emosional peserta didik.
Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, perkembangan sosial-emosional, Madrasah Aliyah
References
Alimni, A., Amin, A., & Faaris, M. (2021). Pengaruh sistem Full Day school terhadap pembentukan karakter toleransi di MI PLUS Nur Rahman Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA, 3(1), 52–64.
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193.
Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi distance learning di masa pandemi COVID 19 terhadap kecerdasan emosional anak di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771.
Darmiyati Zuchdi, E. D. (2023). Humanisasi pendidikan: menemukan kembali pendidikan yang manusiawi. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Istiqomah, N., Shaleh, S., & Hamzah, A. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn dalam Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627–637.
Kemendikbud. (2022). pembelajaran sosial emosional - Sekolah Penggerak. Kemdikbud.Go.Id. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/catatan-gp/pembelajaran-sosial-emosional-2/
Khoiruddin, M. A. (2018). Perkembangan Anak Ditinjau dari Kemampuan Sosial Emosional. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 425–438.
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Maulani, S. (2018). Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 ( 2 ) ( 2018 ) 24-39 Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1 ( 2 ) ( 2018 ) 24-39. 1, 24–39.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar pancasila ditinjau dari konsep kurikulum merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8.
Nasution, F. N., Syahrin, N. H. A., Hasibuan, N. F., Tanjung, Z. F. U., & Al-Hadid, N. H. (2023). Peran Bimbingan Konseling Dalam Perkembangan Sosial-Emosional Anak. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(5), 668–675.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33–41.
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 10, 105–115.
Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). Kepercayaan Diri Siswa Pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 9(1), 46–57. https://doi.org/10.31571/sosial.v9i1.3699
Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Syah, A. D. M., Sholikhudin, M. A., & Yusuf, A. (2023). Konsep Pendidikan Karakter Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Relevansinya Terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 118–135.
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN.
Yusri, N. A., Kibtiyah, M., & Hamim, T. (2020). Emotional Intelligence with Learning Achievements Reviewed from Islamic Education. International Journal of Islamic Educational Psychology, 1(2), 112–125. https://doi.org/10.18196/ijiep.v1i2.9672
Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Kontruksi Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Panduan Guru Ppkn di Sekolah Dasar. Civic Hukum, 7(1), 71–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.