Konsep Pendidikan Akhlak Pribadi Perspektif Yunahar Ilyas dalam Buku Kuliah Akhlaq
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v7i2.26461Keywords:
Konsep Pendidikan Akhlak Pribadi, Yunahar Ilyas, Kuliah AkhlaqAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak pribadi perspektif Yunahar Ilyas dalam buku Kuliah Akhlaq. Agar tujuan tersebut dapat tercapai, maka digunakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) yang berhubungan dengan isi yang terkandung dalam buku Kuliah Akhlaq karya Yunahar Ilyas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak pribadi perspektif Yunahar Ilyas yang terdapat dalam buku Kuliah Akhlaq adalah pendidikan akhlak terhadap rohani. Yunahar Ilyas berusaha menanamkan nilai-nilai akhlak pribadi dengan cara memaparkan akhlak yang dikategorikan akhlak pribadi yang terkhusus terhadap rohani atau jiwa. Akhlak pribadi dalam buku tersebut, terdapat beberapa yang dipaparkan dengan bentuk-bentuknya, yaitu; seorang muslim harus memiliki sifat benar lahir batin, menjaga amanah yang telah dititipkan, menjaga kehormatan diri dari segala hal yang akan merendahkan, merusak dan menjatuhkan, bersungguh-sungguh untuk melepaskan diri dari segala hal yang menghambat pendekatan diri terhadap allah SWT, berani yang berlandaskan kebenaran, rendah hati dalam pergaulan masyarakat, malu melakukan sesuatu yang tidak baik, sabar dari segala hal yang tidak disukai, dan yang tidak dipaparkan dengan bentuknya namun tetap jelas untuk dipahami dengan baik, yaitu; teguh pendirian dalam mempertahankan keimanan dan keislaman, pemaaf terhadap kesalahan orang lain. Akhlak pribadi sangat penting dimiliki setiap muslim agar tujuan pendidikan bisa tercapai dan buku ini bisa dijadikan sumber bacaan tentang konsep pendidikan akhlak pribadi.References
Abdullah, M. Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Alquran. Jakarta: Amzah.
Abdurrahman, Muhammad. 2016. Akhlak: Menjadi Seorang Muslim Berakhlak Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.
Adawiah, Rabiatul. 2020. Nilai-Nilai Akhlak Pribadi (Studi atas Kitab Al-Jawahir Al-lu’lu’iyyah Syarh Arba’in An-nawawiyah). Skripsi. Banjarmasin: UIN Antasari.
Akhyar. 2014. Akhlak. Pekanbaru: LPPM UIN Suska Riau.
Amin, Samsul Munir. 2019. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitan Suatu Pendekatan Prakterk. Jakarta: Rineka Cipta.
Asy-Sya'rani, Syaikh ‘Abdul Wahhab. 2004. Terapi Ruhani: Peringatan Bagi Mereka Yang Terpedaya. Bandung: Pustaka Hidayah.
Aziz, Hamka Abdul. 2012. Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta Selatan: Al-Mawardi Prima.
Az-zuhaili, Wahbah. 2016. Tafsir Al-Munir Jilid 3 Juz 5 dan 6. Jakarta: Gema Insani.
Basyar, Syaripudin. 2020. Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Jurnal Ri’yah. Vol. 5. No. 1.
Bungin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Darwis, Amri. 2021. Metode Penelitian Pendidikan Agama Islam. Pekanbaru: Suska Press.
Faqihuddin, Ahmad. 2021. Islam Moderat di Indonesia. Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam. Vol. 12. No. 1.
Farmawati, Cintami. 2020. Al-Haya’ Dalam Perspektif Psikologi Islam: Kajian Konsep Dan Empiris. Jurnal Studia Insania. Vol. 8. No. 2.
Gade, Syabuddin. 2019. Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini. Banda Aceh: Naskah Aceh.
Hamzah, Amir. 2018. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: Literasi Nusantara.
Handayani, Nuri Sri. dkk. 2021. Akhlak Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu: Sebuah Pemikiran Reflektif KH. Hasyim Asy’ari dalam Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, Vol. 6. No. 2.
Hannan, Abd. 2018. Islam Moderat dan Tradisi Popular Pesantren: Strategi Penguatan Islam Moderat di Kalangan Masyarakat Madura Melalui Nilai Tradisi Popular Islam Berbasis Pesantren. Jurnal Dialektika. Vol. 13. No. 2.
Haqqi, Ahmad Mu’adz. 2003. Syarah 40 Hadits tentang Akhlak. Jakarta Selatan: Pustaka Azzam.
Hasballah, Zamaksyari. dkk. 2018. Konsep Tazkiyatun Nafs (Studi Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an Surat Asy-Syams 7-10), Jurnal Sabilarrasyad. Vol. 3. No. 2.
Ihsan, K. Zainuri dan M. Fathurahman. 2015. Mujahadah. Yogyakarta: Media Pressindo.
Ilyas, Yunahar. 2020. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
Jalaluddin. 2003. Teologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kamang, Urang. “Yunahar Ilyas”. Wikipedia. (diakses pada 09 Oktober 2022), https://id.m.wikipedia.org/wiki/Yunahar_Ilyas#.
Khalil, Umi Azizah. 2019. Muslimah yang dirindukan Surga. Yogyakarta: Araska.
Langgulung, Hasan. 2004. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologi, Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: PT Pustaka Al Husna Baru.
M, Amril. 2007. Akhlak Tasawuf. Pekanbaru: Program Pascasarjana UIN Suska Riau dan LSFK2P.
Malik, Abdul. 2019. Akhlak Mulia. Batam: CV Rizki Fatur Cemerlang.
Muftisany, Hafidz. 2021. Akhlak Muslim Sejati. Yogyakarta: Intera.
Muhmidayeli. 2005. Filsafat Pendidikan Islam. Pekanbaru: LSFK2P.
Nasharuddin. 2015. Akhlak: Ciri Manusia Paripurna. Jakarta: Rajawali Pers.
Nawawi, Rif’at Syauqi. 2011. Kepribadian Qur’ani. Jakarta: Amzah.
Nurulhaq, Dadan. dkk. 2021. Urgensi Iffah bagi Masyarakat Sekolah, Islamic Religion Teaching & Learning Journal. Vol. 6. No. 1.
Purnami, Rahayu S. 2013. Menjadi Pribadi Profesional dan Berjiwa Besar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Raharjo, Sabar Budi. 2010Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 16. No. 3. April.
Rahmawati, Eka. Implementasi Pendidikan Akhlak pada Remaja dalam Keluarga di Desa Teluk Dalem Ilir Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Skripsi. Lampung: IAIN Metro. 2019.
Riyadh, Sa’ad. 2007. Jiwa dalam Bimbingan Rasulullah SAW. Jakarta: Gema Insani Press.
Roqib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.
Saebani, Beni Ahmad dan Abdul Hamid. 2017. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sungkowo. 2014. Konsep Pendidikan Akhlak, Jurnal Nur El Islam. Vol. 1. No. 1.
Susiba dan Yasnel. 2014. Akidah Akhlak. Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir Sumatra.
Syukur, Abdul. 2015. Dahsyatnya Sabar, Syukur, dan Ikhlas. Yogyakarta: Laksana.
Tafsir, Ahmad. 2016. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Zeid, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
ZTF, Pradana Boy. “Yunahar Ilyas: Wajah Islam Moderat ala Muhammadiyah”. IBTimes.ID. (diakses pada 02 Juni 2022). https://ibtimes.id/yunahar-ilyas-wajah-islam-moderat-ala-muhammadiyah/.
Zuhdi, Muhammad Harfin. 2011. Istiqomah dan Konsep Diri Seorang Muslim. Jurnal Religia. Vol. 14. No. 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.