Integrasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dalam Pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Merdeka di SD Unggulan Aisyiyah Bantul
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v10i2.31905Keywords:
Satuan Pendidikan Aman bencana, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum merdekaAbstract
Indonesia, negara dengan geografis dan iklim yang beragam, menghadapi tantangan yang semakin besar dalam bidang pendidikan. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah telah meluncurkan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Program ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas pendidikan, mendukung peran guru dalam mengimplementasikan program tersebut, dan memastikan implementasi program di sekolah-sekolah. Integrasi SPAB dan Kurikulum 2013 sangat penting untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, termasuk observasi, pengumpulan data, perekaman, dan wawancara, dengan fokus pada SD Unggulan Aisyiyah Bantul. Dalam penelitian ini, analisis data, triangulasi data, dan metodologi studi kasus juga diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilar-pilar Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SD Unggulan Aisyiyah Bantul telah terpenuhi. Sekolah ini menerapkan kurikulum merdeka dan memasukkan SPAB ke dalam program unggulan sekolah.. Materi SPAB belum maksimal dimasukan dalam materi peajaran yang tertulis dalam kurikulum, materi SPAB hanya sebatas disisipakan dalam materi pelajaran dan diberikan ketika masa pegenalan lingkungan sekolah. Simulasi sebagai bentuk aplikasi SPAB dilaksanakan setiap sekali dalam tiap semester.References
Adi Kurniawan, F., Centre Yogyakarta Jl Karanglo Baru, P., Donoharjo, K., Ngaglik, K., Sleman, K., Istimewa Yogyakarta, D., … Malang, K. (2024). Tantangan Dan Strategi Pendidikan Kebencanaan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN), 3(1), 143–150. Retrieved from https://doi.org/10.55606/jupiman.v3i1.3274
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Almukarramah, Fadhillah, & Ajat Sudrajat. (2019). Integrasi Konsep Kebencanaan Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 118–130. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i2.13439
Ariani, F. (2021). Penerapan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Indonesian Journal of Educational Development, 2, 108–117. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781865
Hamidi, N., & Fajri, C. N. (2021). Integration of Disaster Preparedness Materials in Islamic Education (PAI) Subjects at SD Muhammadiyah Insan Kreatif Kembaran Bantul. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 16(1), 163. https://doi.org/10.21043/edukasia.v16i1.11661
Kasman, R. (2019). Bimbingan Satuan Pendidikan Aman Bencana Bagi Guru Dan Tenaga Kependidikan Pasca Bencana Di Kota Palu, Sigi Dan Donggala. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 2(1), 67. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v2i1.2251
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Muhajir, Nurhayati, U., & Iman, F. (2022). Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 40–60. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8332
Mustofa, M. (2020). Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Penguatan Karakter Siapsiaga Bencana. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 4(2), 200–209. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2776
Nugraheni, Y. T. F. A. (2023). Implementation of Disaster Safe Education Unit (SPAB) At Quwwatul Islam Yogyakarta Al-Qur’an Education Park (TPA). Journalof Contemporary Islamic Education (Journal CIE), 3(1), 72–81. Retrieved from https://doi.org/10.25217/jcie.v3i1.3097
Nurarifah, L., Syaefudin, S., & Santosa, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia: Analisis Relevansi Penerapan Metode Pendidikan Ibnu Khaldun. POTENSIA JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 10(No 1), 13–31. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v10i1.25731
Peraturan Pemerintah RI. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 12 TAHUN 2024 TENTANG KURIKULUM PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH. , (2024). Indonesia.
Qoriandani, M., & Pambudi, D. I. (2020). Implementasi Sekolah Siaga Bencana Pada Sd Unggulan Aisyiyah Bantul. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 247–253. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.753
RI, K. (2024). Telah Terbit Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved July 25, 2024, from kuikulum.kemdikbud.go.id website: https://kurikulum.kemdikbud.go.id/berita/detail/telah-terbit-peraturan-mendikbudristek-no12-tahun-2024-tentang-kurikulum-pada-paud-jenjang-pendidikan-dasar-dan-menengah
Ria Sitorus, F., Kristina Waruwu, K., & Febry, A. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(06), 328–334.
Rijal, F. (2017). Kurikuluum Sekolah Unggul : Suatu Evaluasi dan Implementatif. PIONIR JURNAL PENDIDIKAN, 6(1), 1–19. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3347
Rusandi, R., & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Satria, A. S., Kabupaten, A., Progo, K., Istimewa, D., Program, Y., Manajemen, S., … Si, M. (2023). Integrasi pengurangan risiko bencana dalam pembelajaran pendidikan Islam: kajian transdisipliner. Repository.Uinsa.Ac.Id, 7(2), 225–235. Retrieved from http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/3168/
Syarfi, lif ahmad, Utomo, E., & Prihartanto, E. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Pantai Kota Tarakan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 225–232. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalaindonesia.v1i3.604
Tyas, R., & Suyanta, P. (2020). Integrating disaster risk reduction with science education to student of junior high school in Merapi Mountain Areas, Indonesia. International Journal of Engineering Research and Technology, 13, 4551–4557.
Widiawati, W. (2024). 10 Langkah Penyelenggaraan Satuan Pendidikan Aman Bencana. Retrieved July 25, 2024, from PWMU.co website: https://pwmu.co/356949/05/27/10-langkah-penyelenggaraan-satuan-pendidikan-aman-bencana1/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.