MARKETING POLITIK REKRUTMEN POLITISI PEREMPUAN DI PROVINSI RIAU (STUDI KASUS PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA DAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT)

Authors

  • Chelsy Yesicha Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/jdr.v29i2.6743

Keywords:

Citra, Marketing, Politisi Perempuan

Abstract

Meski Riau dinobatkan memiliki politisi perempuan terbanyak di parlemen periode 2014-2019 di Indonesia,  partai tetap perlu melakukan marketing politik guna merekrut politisi perempuan di Pemilu 2019. Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Nasional Demokrat merupakan partai yang berani mengusung tema “tanpa mahar” menjadi fokus kajian guna mengetahui image building dan media komunikasi yang digunakan dalam merekrut politisi perempuan di wilayah Riau. Pendekatan studi kasus jamak memperlihatkan perbedaan antara kedua partai dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi akhirnya menyimpulkan bahwa Image Building Partai Solidaritas Indonesia Riau mengutamakan keterbukaan dan keinovatifan bagi  mata rantai pengerak perempuan Riau untuk berpolitik sedangkan Partai Nasional Demokrat Riau menampilkan realitas “politik tanpa mahar” bagi partai melalui keberhasilannya, role model dihadirkan untuk mempengaruhi perempuan Riau dalam melaksanakan Restorasi Indonesia. Komunikasi bermedia yang dilakukan keduanya unggulan bertaut pada akun DPP dan  interpersonal dinilai efektif dalam merekrut politisi perempuan Riau

Author Biography

Chelsy Yesicha, Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau

Ilmu Komunikasi

References

Firmanzah. 2008. Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Heryanto, G.G. & Rumaru, S. (2013). Komunikasi Politik Suatu Pengantar. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pujileksono, S. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif, Malang: Intrans Publishing.

Septian, D. (2014). Rekrutmen Politik Dalam Penetapan Calon Legislatif (Studi Kasus DPD Partai Golongan Karya Kota Tanjungpinang) Jurusan Ilmu Pemerintahan DISIP Universitas Raja Ali Haji.

Sharlamanov, K. & Jovanoski, A. (2014). The Role of Image in the Political Campaigns, International Journal of Scientific & Engineering Research, 5 (6).

Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication “Konsep Strategis Dan Terapan”. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2018-12-18