PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODA BALANCED SCORECARD
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v13i1.1266Keywords:
Balanced Scorecard, Pengukuran KinerjaAbstract
Balanced scorecard adalah suatu kerangka manajamen yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi. Balanced Scorecard mengukur kinerja perusahaan berdasarkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh perspektif keuangan berada pada kategori cukup baik. Kinerja berdasarkan perspektif konsumen berada pada kondisi baik. Berdasarkan perspektif proses bisnis internal berada pada kategori baik. Kinerja berdasarkan pertumbuhan dan pembelajaran berada pada kategori cukup baik. Dari hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja Radio Gress 105 FM dikatakan cukup baik.References
Gaspersz, Vincent. Balance Scorecard dengan Malcom Baldrige dan Lean Six Sigma Supply Chain Management.PT. Percetakan Penebar Swadaya. Bogor. 2012.
Gerson, F. Richard. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM. Jakarta.2001.
Handayani. B.D. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen.Jurnal Dinamika Manajemen. 2011. Vol 2 No 1, pp.78-91.
Istiqlal, C.H. Penilaian Kinerja Perbankan Syariah dengan Metoda Balanced Scorecard. Jurnal Ekonomi Islam La_Riba. Desember 2009. Vol 3 No. 2, pp. 167-180.
Kusmayadi. D. Pengukuran Kinerja dengan Balanced Scorecard : Kajian Teoritis Dan Empiris. Jurnal Akuntansi FE Unsil. 2009. Vol. 4 No. 1, pp. 536-543.
Marwansyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Alfabeta. Bandung. 2009
Rahmawati, A. D., dkk. Analisis Kinerja Organisasi Publik dengan Metoda Balanced Scorecard.Jurnal Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Hal 78-88.
Simamora, B. Membongkar Kotak Hitam Konsumen.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2009.
Sukma, N.P danKomang Ayu Krisnadewi.Penilaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard pada Bank Utama.E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 2013. Vol5 No.2, pp. 497-515.
Rumintjap, M.L.Penerapan Balanced Scorecard sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja di RSUD Noongan. Jurnal EMBA. September 2013. Vol 1 No.3, pp. 841-850.
Rampersad, Hubert. 2005. Total Performance Scorecard.PT. Gramedia Pustaka Utama. PT Jakarta.
Supranto, J. Pengkukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. PT. Rineka Cipta, Jakarta. 1997.
Yamit, Zulian, Manajemen Kualitas CV. Ekonisia. Yogyakarta. 2001.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.