Aplikasi Metode Kano Dalam Menganalisis Sistem Pelayanan Online Akademik FST UIN SUSKA Riau pada masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v18i2.12710Abstract
Untuk mengurangi interaksi dan penyebaran Covid-19, sistem pelayanan di Akademik Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau wajib dilakukan secara online. Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh akademik Fakultas Sains dan Teknologi belum berjalan secara efektif dan efisian sehingga perlunya pengkajian untuk melihat kepuasan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi terhadap pelayaan online akademik dan atribut layanan apa yang perlu mendapat prioritas perbaikan dalam upaya rekomendasi perbaikan kedepannya. Pengkajian yang dilakukan dalam penelitan ini menggunkan metode Servqual dan metode Kano. Metode Servqual merupakan suatu cara instrument untuk melakukan pengukuran kualitas jasa yang terhadap sektor-sektor jasa dan Metode Kano adalah metode yang bertujuan mengkategorikan atribut-atribut produk maupun jasa berdasarkan seberapa baik produk atau jasa tersebut mampu memuaskan pengguna. Hasil penelitian yang di dapatkan bahwa data atribut pelayanan akademik FST yang terdiri dari 20 pernyataan dinyatakan valid dan reliable dan untuk hasil kualitas pelayanan dengan menggunakan integrasi metode servqual dan model kano didapatkan 20 atribut pelayanan dengan 5 dimensi kualitas pelayanan belum dapat memuaskan kepuasan Pelanggang terhadap mahasiswa FST karena nilai kepuasan dari ke lima dimensi tersebut kecil dari satu (Q < 1) maka dari itu di perlukannya rancangan rekomendasi perbaikan terhadap pelayanan akademik FST.
References
Algifari. “Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano”. Edisi Revisi. Penerbit BPFE-YOGYAKARTA. Yogyakarta. 2019
Amin, S. (2017). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik pada Perguruan Tinggi. Madaniyah, 7(2), 222-236.
Daga, Rosnaini. “Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan”. Global Research and Consulting Institute. Makasar. 2017.
Devani, V., & Kuncoro, A. A. (2014). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perpustakaan UIN Suska Riau dengan Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 10(1), 98-105.
Jesica, M., Testiana, G., & Rahayu, S. (2019). Analisis Pengembangan Website Menggunakan Metode Kano (Studi Kasus: BRSPDF Budi Perkasa Palembang). Jurnal Informatika Global, 10(2).
Jiwantara, K., Sutrisno, A., & Neyland, J. S. C. (2013). Penerapan Metode Servqual Untuk Evaluasi dan Perbaikan Kualitas Pelayanan pada Kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia Praktis di Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Online Poros Teknik Mesin UNSRAT, 2(1).
Lukman, M., & Wulandari, W. (2018). Peningkatan Kualitas Produk Cokelat Dengan Integrasi Metode Kano Dan QFD. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 190-204.
Nofirza, N., & Indrayani, K. (2011). Aplikasi metode kano dalam analisis indikator kualitas pelayanan di rumah sakit arifin ahmad pekanbaru. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 9(1), 1-8.
Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110-1118.
Puspita, V. I. (2015). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Berbasis Web Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. jalur Nugraha Ekakurir Kota Mojokerto (Studi Pada Www. jne. co. id). Jurnal Administrasi Bisnis, 27(2).
Rahmayuni, I., Humaira, H., & Defni, D. (2016). Pemanfaatan Metode Kano Untuk Menilai Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Fungsionalitas Sistem Informasi Kepegawaian (Studi Kasus: AKNP Pelalawan). INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 1(2), 133-139.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65.
Siska, M. (2020, December). Perancangan Alat Pemberi Pupuk Cair Aquascape Otomatis Menggunakan Kansei Engineering dan KANO. In Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (p. 511).
Sutriyono, S. (2016). UJI validitas dan reliabilitas kuisoner Kepuasan konsumen Pengujian Sampel Lab. Terpadu FST UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Integrated Lab Journal, 4(1), 103-108.
Wijaya, I. G. N. S., & Suwastika, I. W. K. (2017). Analisis Kepuasan Pengguna E-Learning Menggunakan Metode Kano. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 12(1), 128-138.
Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.