Analisis Strategi Pemasaran Pada Kerajinan Kerudung UD . Arryna Raya Pada Masa Pandemic Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v18i2.12782Abstract
UD. Arryna Raya merupakan salah satu usaha kerajinan kerudung yang ada di Kabupaten Gresik. UD. Arryna Raya memproduksi beberapa kerudung mulai dari kerudung untuk anak kecil hingga dewasa. Adanya wabah covid-19 memberikan dampak pada UD. Arryna dalam menjalankan bisnisnya. Dampak dari adanya wabah covid-19 ini pada penjualan kerudung yang menurun. terdapat penurunan yang signifikan dari bulan September hingga desember 2020. Pada penelitian bertujuan untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan pada masa pandemic covid-19. Pada penelitian ini, menggunakan kombinasi metode analisis SWOT dan analytical hierarchy process (AHP). Analisis SWOT digunakan untuk identifikasi fakor-faktor baik dari lingkungan internal dan eksternal melalui empat perspektif yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analytical hierarchy process (AHP) digunakan untuk mementukan prioritas dari alternatif strategi pemasaran yang dihasilkan dari analisis swot. Dari hasil penelitian diperoleh terdapat tiga prioritas strategi pemasaran UD. Arryna Raya yang dapat dilakukan pada masa pandemic covid-19 yaitu strategi SO2 (Mempertahankan harga dan kualitas produk serta melakukan pengembangan teknologi dalam penjualan kerudung), strategi SO1 (Mempertahankan ciri khas model kerudung dan melakukan peningkatan inovasi sesuai perkembangan trend kerudung), strategi ST2 (Mempertahankan kualitas produk, menciptakan model dan motif baru serta menjamin mutu dari produk tersebut).References
Abdullah, R., Malik, E., Adan, L. M. H., & Dja, A. (2021). Penerapan Strategi Pemasaran Sebagai Upaya Meningkatkan Usaha Kecil Dan Menengah Di Desa Wawoangi Kec. Sampoiawa Ditengah Pandemic Covid-19. Communnity Development, 2(1), 76–80.
Arifen, R. S., Purwanty, V. D., Suci, D. A., Agustiawan, R. H., & Sudrajat, A. R. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Konferensi Nasional Ilmu Administrasi, 1–7.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96.
Karinda, M. V. A., Mananeke, L., Roring, F., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1568–1577.
Munir, M. (2017). Pemilihan Supplier Sodium Hiroxide Liquid Integrasi Dengan Metode AHP – Topsis. Jurnal Teknik Industri, 17(2), 62–71.
Narto, N., & HM, G. B. (2020). Penguatan Strategi Pemasaran Pudak di Tengah Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Gresik. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 48–54.
Pardiyono, R., & Nugrahati, S. (2020). Penentuan skala prioritas dalam strategi pemasaran produk merek pecandu coffee. Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 8(2), 23–33.
Permata, E. G., Kusumanto, I., Nur, M., & Sijabat, M. N. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot dan Analytical Hierarchy Process ( AHP ) untuk Meningkatkan Volume Penjualan. Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi Dan Industri (SNTIKI), 609–616.
Prakoso, A., & Negoro, N. (2017). Analisa Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Wardah Dengan Pendekan SWOT-AHP (Analytic Hierarchy Process). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 62–67.
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 224–240.
Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Quantitative Strategi Planning Matrix ( QSPM ). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.
Syaiful, F. F., & Elihami, E. (2020). Penerapan Analisis Swot Terhadap Strategi Pemasaran Usaha Minuman Kamsia Boba Milik Abdullah Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Edukasi Nonformal, 17, 343–359.
Tyas Krisning, S., & Chriswahyudi. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Matrik IE, SWOT dan AHP Untuk Mendapatkan Alternatif Strategi Prioritas. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1, 297–306.
Yeni, F., Erwin, G., & Ali, H. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Pt.Federal Internasional Finance (Fif) Group Di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(1), 38–54.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.