Evaluasi Fungsionalitas Learning Management System Berdasarkan ISO/IEC 9126-2

Authors

  • Indah Lestari Politeknik Caltex Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v13i1.1343

Keywords:

Fungsionalitas, Eksternal, Learning Management System, ISO/IEC 9126-2

Abstract

Evaluasi learning management system (LMS) umumnya dilakukan subjektif berdasarkan penilaian dari dosen maupun mahasiswa pada institusi pendidikan yang menggunakannya. Untuk memperoleh hasil evaluasi yang objektif, berdasarkan fungsional fitur LMS, institusi pengguna dapat menggunakan ISO/IEC 9126. Namun institusi sebagai pengguna akhir adalah pihak yang tidak terlibat sejak fase awal pengembangan LMS dan mungkin saja tidak memiliki staf dengan keahlian di bidang perangkat lunak. Sehingga evaluasi yang sesuai adalah evaluasi fungsional sistem berdasarkan aspek eksternal, yaitu dengan ISO/IEC 9126-2.  Pada penelitian ini diperoleh bahwa fitur penting dari LMS adalah fitur administrasi, fitur penyampaian bahan ajar, fitur pengujian, fitur penilaian dan fitur komunikasi. Pengukuran fungsionalitas eksternal yang dapat dilakukan pengguna menggunakan standar ISO/IEC 9126-2 adalah pengukuran sub karakteristik akurasi. Pengukuran ini dilakukan pada LMS di institusi Politeknik Caltex Riau dan diperoleh hasil bahwa 4 fitur bernilai accuracy 0, yaitu akurat sesuai ekspektasi penggunaannya. Satu fitur, yaitu komunikasi tidak akurat karena hanya 2 dari 8 fungsi fitur yang diimplementasikan. Evaluasi ini dapat dijadikan masukan bagi institusi untuk mempertimbangkan kustomisasi LMS yang digunakan. Sehingga alternatif interaksi belajar-mengajar lebih bervariasi.

Author Biography

Indah Lestari, Politeknik Caltex Riau

Program Studi Sistem Informasi

Jurusan Komputer

References

C. Pappas, “The Best Learning Management Systems,” 2014. [Online]. Available: http://elearningindustry.com/the-20-best-learning-management-systems. [Accessed: 05-Jan-2015].

I. A. Almarashdeh, N. Sahari, N. A. M. Zin, and Alsmadi Mutasem, “The Success of Learning Management System Among Distance Learners in Malaysian Universities,” pp. 80–91, 2010.

L. Abazi-bexheti, A. Kadriu, and L. Ahmedi, “Measurement and Assessment of Learning Management System Usage Department of Communication Science and Technology,” Adv. Educ. Technol., pp. 183–186.

S. Group, M. Darrell, S. Givens, D. Flaherty, N. Mirra, R. King, C. Love, and S. Goodman, “Learning Management System,” 2013.

M. Abdellatief, A. B. Sultan, M. A. Jabar, and R. Abdullah, “A Technique for Quality Evaluation of E-Learning from Developers Perspective,” vol. 3, no. 1, pp. 157–164, 2011.

S. MOhammad and A. A. Awadhi, “Performance Measurement of Learning Management System in,” Int. J. Inf. Commun. Technol. Res., vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2013.

B. B. Chua and L. E. Dyson, “Applying the ISO 9126 model to the evaluation of an e- learning system,” pp. 184–190.

I. Padayachee, “ISO 9126 external systems quality characteristics , sub- characteristics and domain specific criteria for evaluating e-Learning systems.”

I. Lestari and B. Hendradjaya, “The application model of learning management system quality in asynchronous blended learning system,” in 2014 International Conference on Electrical Engineering and Computer Science (ICEECS), 2014, no. November, pp. 223–228.

“Compare Learning Management Systems (LMS).” [Online]. Available: http://lms.softwareinsider.com/. [Accessed: 26-Mar-2015].

F. L. Bramanti, ““Penilaian Kesiapan Organisasi Untuk Membangun dan Mengimplementasikan E-Learning,“Penilaian Kesiapan Organisasi Untuk Membangun dan Mengimplementasikan E-Learning,” Institut Teknologi Bandung, 2009.

Amanda, “The Current Top 5 Highest-Rated Learning Management Systems (LMS),” 2014. [Online]. Available: http://www.collectmythoughts.com/the-current-top-5-highest-rated-learning-management-systems-lms/.

Hidayati, “Perancangan Learning Management System Berbasis LTSA Pada Perguruan Tinggi Studi Kasus : STMIK Bandung,” Institut Teknologi Bandung.

“Compare Learning Management Systems (LMS).” [Online]. Available: http://lms.softwareinsider.com/. [Accessed: 26-Mar-2015].

Downloads

Published

2016-02-04