Pengujian Kegunaan Website E-learning Pada SMK Nurul Islam Cianjur Dengan Menggunakan Skala Sistem Usabilitas
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v19i1.14804Abstract
Setelah datangnya pandemi covid-19 kami sebagai pengajar merasa kehilangan sosok kami di sekolah, dan siswa pun merasa kehilangan hak untuk mendapatkan ilmu dari sekolah, kami sebagai pengajar melakukan inisiatif untuk membuat website e-learning sendiri yang bernama SIPINTER. Karena aplikasi e-learning yang ada masih banyak kekurangannya terutama dengan kebutuhan di sekolah kami. Setelah kami mengadakan penelitian terhadap kebutuhan aplikasi, kami membuat aplikasi e-learning untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut meliputi penyampaian materi berupa text, gambar, dan video, ujian harian, UTS dan UAS yang langsung terintegrasi ke rapport. Untuk meminimalisir kelemahan dan tingkat usability website yang terjadi maka website SIPINTER perlu dievaluasi dan diperbaharui. Evaluasi yang dilakukan bertujuan agar website dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan informasi yang up to date dan realtime kepada siswa dan para tenaga pengajar. Pada penelitian ini evaluasi website SIPINTER dilakukan dengan mengukur dan menguji tampilan usability menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS). Dengan menggunakan metode System Usability Scale nilai SUS sebesar 66.61 dapat diterima, dapat diterima, grade D, dan cukup baik. Artinya website SIPINTER memiliki kegunaan yang baik dan layak untuk diakses pengunjung.References
A. Susilo et al., “Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini,” J. Penyakit Dalam Indones., vol. 7, no. 1, p. 45, 2020, doi: 10.7454/jpdi.v7i1.415.
A. Kaya, R. Ozturk, and C. Altin Gumussoy, “Usability Measurement of Mobile Applications with System Usability Scale (SUS),” Ind. Eng. Big Data Era, pp. 389–400, 2019, doi: 10.1007/978-3-030-03317-0_32.
S. Putri, Dwi Andini; Hadinata, Denda Rinaldi; Nurwahyuni, “Website Usability Testing on the Information and Coordination Center of Covid-19 in West Java Using the System Usability Scale,” Jitk, vol. 6, no. 1, pp. 3–8, 2020, doi: 10.33480/jitk.v6i1.1335.
L. Collina, P. Di Sabatino, L. Galluzzo, C. Mastrantoni, and M. Mazzocchi, Collina, L., Di Sabatino, P., Galluzzo, L., Mastrantoni, C., & Mazzocchi, M. (2018, July). Spatial and Service Design: Guidelines Defining University Dormitories. In International Conference of Design, User Experience, and Usability (pp. 14-26). Springer, vol. 10918. Springer International Publishing, 2018.
W. S. Wibowo, H. M. Az-zahra, and F. A. Bachtiar, “Evaluasi dan Rekomendasi Tampilan Website E-Complaint Universitas Brawijaya Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 7192–7201, 2018.
A. Revythi and N. Tselios, “Extension of technology acceptance model by using system usability scale to assess behavioral intention to use e-learning,” Educ. Inf. Technol., vol. 24, no. 4, pp. 2341–2355, 2019, doi: 10.1007/s10639-019-09869-4.
U. Ependi, A. Putra, and F. Panjaitan, “Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi administrasi penduduk menggunakan teknik system usability scale,” Regist. J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 63–76, 2019, doi: 10.26594/register.v5i1.1412.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.