Analisis Peningkatan Produktivitas Dan Efisiensi Kerja Lini Pengemasan Sekunder Dengan Penerapan Kaizen Di PT XYZ

Authors

  • Rifatul Ngatiqoh Program Studi Teknik Industri Universitas Widyatama
  • Verani Hartati Program studi Teknik Industri Univeristas Widyatama

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.17282

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan bergerak di bidang farmasi dan kosmetik, mempunyai quality policy untuk selalu melakukan continous improvement (Kaizen) bagi kepuasan pelanggan yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja pada Lini Pengemasan Sekunder  PT XYZ di salah satu proses printing identitas produk X dengan menggunakan metode analisis PDCA. Hasil IPC berupa data cacat printing identitas produk X sebanyak 7,4% melebihi dari standar cacat yang ditetapkan perusahaan yaitu 5%.  Analisis penyebab cacat dilakukan menggunakan fishbone diagram. Diketahui faktor penyebab cacat yang disebabkan oleh faktor material, berupa batas toleransi area print di desain blok putih terlalu kecil. Selain itu cacat juga disebabkan belum adanya kualifikasi personil, dan metode yang belum jelas. Setelah dilakukan improvement perusahaan dapat menghemat biaya pegawai sebesar Rp 229.288.804 karena adanya pengurangan pegawai dan prosedur yang tepat.

Produktivitas, Cacat produk, Kaizen, PDCA, Fishbone.

References

S. Somadi, B. S. Priambodo, and P. R. Okarini, “Evaluasi Kerusakan Barang dalam Proses Pengiriman dengan Menggunakan Metode Seven Tools,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.30656/intech.v6i1.2008.

W. Anggraini, I. Kusumanto, and A. Sutaryono, “Usulan Peningkatan Kualitas Kain Batik Semi Tulis Menggunakan Metode Six Sigma,” J. Tek. Ind., vol. 5, no. 1, pp. 48–55, 2019, Accessed: Jun. 18, 2022. [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1295294&val=11322&title=Usulan Peningkatan Kualitas Kain Batik Semi Tulis menggunakan Metode Six Sigma.

A. Wicaksono and F. Yuamita, “Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kaleng Di PT. Maya Food Industries,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, pp. 1–6, 2022, doi: https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.6.

D. Haritz, Y. W. Prastowo, and W. I. Kurnia, “Usulan Peningkatan Kualitas Supramak Bed Menggunakan Pendekatan Lean Six Sigma dan Kaizen,” jurnal.uns.ac.id, vol. 21, no. 1, pp. 13–19, 2022, Accessed: Jun. 17, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/performa/article/view/50955.

V. Gasperz, Total Qualiti Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2022.

H. Hartono and F. Fatkhurozi, “Penerapan Kaizen Untuk Mengurangi Loss Time Dalam Peningkatan Produktivitas Mesin Infrared Welding (Studi Kasus Pt. Mitsuba Indonesia),” J. Ind. Manuf., vol. 6, no. 1, p. 01, 2021, doi: 10.31000/jim.v6i1.4114.

S. A. A. Baraba et al., “Pengendalian Kualitas Produk dengan Penerapan Kaizen 5S dan Metode Seven Tools pada PT. Bali Es,” in Seminar dan Konferensi Nasional IDEC, 2021, pp. 2579–6429, Accessed: Jun. 17, 2022. [Online]. Available: https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/IDEC2021/PROSIDING/LPSKE/ID008.pdf.

P. Fithri, “Six Sigma Sebagai Alat Pengendalian Mutu Pada Hasil Produksi Kain Mentah Pt Unitex, Tbk,” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 14, no. 1, p. 43, 2019, doi: 10.14710/jati.14.1.43-52.

R. Ayuningtyas, N. W. Setyanto, and R. Y. Efranto, “Analisis Peningkatan Produktivitas dan Efisiensi Kerja Dengan Penerapan Kaizen (Studi Kasus pada PT Beiersdorf Indonesia PC Malang),” J. Rekayasa dan Manaj. Sist. Ind., vol. 2, no. 1, pp. 175–186, 2014, Accessed: Jun. 18, 2022. [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/34452636/70-276-1-PB.pdf.

S. Isniah, H. Hardi Purba, and F. Debora, “Plan do check action (PDCA) method: literature review and research issues,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 4, no. 1, pp. 72–81, 2020, doi: 10.30656/jsmi.v4i1.2186.

A. Adyatama and N. U. Handayani, “Perbaikan kualitas menggunakan prinsip kaizen dan 5 why analysis: studi kasus pada painting shop karawang plant 1, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia,” J@ ti Undip J. Tek. Ind., vol. 13, no. 3, 2018, Accessed: Jun. 17, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/21426.

A. Merjani and I. Kamil, “Penerapan Metode Seven Tools Dan Pdca (Plan Do Check Action) Untuk Mengurangi Cacat Pengelasan Pipa,” PROFISIENSI J. Progr. Stud. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, pp. 124–131, 2021, doi: 10.33373/profis.v9i1.3313.

D. Chandrahadinata and W. Nurdiana, “Analisis Pengendalian Kualitas Pada Crude Palm Oil untuk Meningkatkan Kualitas di PT. Condong Garut,” J. Kalibr., vol. 19, no. 1, pp. 43–52, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-1.1045.

V. Devani and T. Alawiyah, “Implementasi Peningkatan Kualitas Crumb Rubber Menggunakan Metode PDCA Di PT. RHL,” Agrointek J. Teknol. Ind. Pertan., vol. 15, no. 1, pp. 134–145, 2021, Accessed: Jun. 18, 2022. [Online]. Available: https://journal.trunojoyo.ac.id/agrointek/article/view/6024/pdf;

A. Usman, Kunci Sukses Continuous Improvement di Era 4.0. Jakarta: Geamedia, 2019.

Downloads

Published

2022-06-21

Issue

Section

Articles