Perbaikan Berkelanjutan Melalui Pengendalian Kualitas Pada Produk Bantalan Rel Kereta Dengan Menerapkan Metode Quality Control Circle (QCC) dan Lean Six Sigma (LSS ) Pada PT Balton Kurnia Abadi

Authors

  • Haykal Ridho Iqbalian Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Mohammad Riza Radyanto Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.17973

Abstract

             Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yang menghasilkan bantalan rel kereta api ini adalah adanya produk yang cacat yaitu retakan pada body , kurang presisinya bentuk bantalan , dan ujung bantalan pecah tidak rata. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut diusulkan ke manajemen perusahaan untuk menerapkan sistem perbaikan berkelanjutan dengan memadukan metode Quality Control Circle (QCC) dan Lean Six Sigma (LSS) untuk mendapatkan hasil produk yang lebih berkualitas dan optimal dalam proses produksinya. Dari penelitian ini didapatkan hasil penelitian berdasarkan data yang diolah selama 3 bulan dan diperoleh rerata QCC untuk produk cacat retakan pada body (5,66%), kurang presisisnya bentuk bantalan (5%) , dan  ujung bantalan pecah tidak rata (1,66%).Sedangkan dari hasil perhitungan LSS diperoleh hasil perhitungan DPMO yaitu 1272 berada pada tingkat sigma 4,52.Adanya ketidaksesuaian pada produk yang dihasilkan shingga menyebabkan cacat produk disebabkan karena faktor manusia atau Man (operator yang bekerja tidak sesuai SOP dan kurang teliti), Methods (kesalahan dalam pemasangan , kurang hati hati), Material (terlalu lama penyimpanan) , Machine (kondisi mesin yang tidak optimal karena kurangnya perawatan), dan Environment (lingkungan terlalu panas , sirkulasi udara kurang).Usulan sistem  perbaikan ini menggunakan prinsip 3M dan 5W+1H dan diharapkan mampu mengurangi cacat dan mengedepankan kualitas produk untuk kedepannya.

References

A. Ahyari, Manajement Produksi Pengendalian Kualitas, II. Yogyakarta: BFEE UGM, 1990.

syukron Amin and kholil, Muhammad, Six sigma quality for bussines improvement. Jakarta: Graham Ilmu, 2013.

Kotler and Amstrong, Prinsip Prinsip Pemasaran , 12th ed., vol. jilid 1 dan jilid 2. jakarta, 2008.

D. C. Mongomery, Introduction To Statistical Quality Control, Edition 4th. new york: jhon willey&sons, 2001.

Nasution., Manajement Mutu Terpadu ( Total Quality Manajement). , Pertama. jakarta: galia indonesia, 2001. Accessed: Jun. 29, 2022. [Online]. Available: https://digilib.unikom.ac.id/repo/sector/buku/view/1/key/8814/MANAJEMEN-mutu-terpadu-total-quality-management.html

S. Prawirosentono, Filosofi Baru Tentang Mutu Terpadu., Edisi 2. jakarta: bumi aksara, 2007.

R. G. Schroeder, Operation Manajement: Contemporary Conceps And Cases, 3th ed. singapore: mc graw hill, 2007.

D. Tapping and T. Shuker, Value Stream Management For The Lean Office. new york: Productivity Press, 2003. doi: https://doi.org/10.1201/b16934.

Tjiptono. F, Strategi Pemasaran , 2nd ed. yogyakarta, 2002. Accessed: Jun. 29, 2022. [Online]. Available: https://scholar.google.com.my/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=fQLNcNUAAAAJ&citation_for_view=fQLNcNUAAAAJ:qUcmZB5y_30C

E. Haryanto and I. Novialis, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Bos Rotor Pada Proses Mesin Cnc Lathe Dengan Metode Seven Tools,” Jurnal Teknik, vol. 8, pp. 69–77, Jan. 2019.

G. Agustiono, “Prosiding SemNas Teknik UMAHA”, Accessed: Jun. 29, 2022. [Online]. Available: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknik/article/download/680/541

I. Rinjani, W. Wahyudin, and B. Nugraha, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cacat pada Lensa Tipe X Menggunakan Lean Six Sigma dengan Konsep DMAIC,” 2021. doi: https://doi.org/10.33592/unistek.v8i1.878.

I. Idris and R. Aditya Sari, “Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools,” 2016.

M. E. Setiabudi, P. Vitasari, and T. Priyasmanu, “Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Menurunkan Jumlah Produk Cacat Dengan Metode Statistical Quality Control Pada Umkm. Waris Shoes,” Jurnal Mahasiswa Teknik Industri, vol. 3, no. 2, 2020, Accessed: Jun. 29, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2734

P. Wisnubroto, I. Oesman, and W. Kusniawan, “Pengendalian Kualitas Terhadap Produk Cacat Menggunakan Metode Seven Tool Guna Meningkatkan Produktivitas Di Cv. Madani Plast Solo,” 2018. Accessed: Jun. 29, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/IEJST/article/view/4460

Zaharuddin, “Analisis Mutu Biodiesel Menggunakan Metode Quality Loss Function dan Rancangan Perbaikan Di PT. XYZ”, [Online]. Available: www.jurnal.utu.ac.id/joptimalisasi

Feigenbaum. A.V, Kendali Mutu Terpadu. jakarta: Erlangga, 1992.

M. Nur. Nasution, Manajement Data Terpadu. jakarta: galia indonesia, 2004.

M. Rizki, A. Wenda, … F. P.-2021 I., and undefined 2021, “Comparison of Four Time Series Forecasting Methods for Coal Material Supplies: Case Study of a Power Plant in Indonesia,” ieeexplore.ieee.org, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9493522/

M. Rizki et al., “Aplikasi End User Computing Satifaction pada Penggunaan E-Learning FST UIN SUSKA,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 19, no. 2, pp. 154–159, 2022, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/14730

M. Rizki, D. Devrika, F. Surayya Lubis, and I. Hadiyul Umam, “Aplikasi Data Mining dalam penentuan layout swalayan dengan menggunakan metode MBA,” ejournal.uin-suska.ac.id, vol. 5, no. 2, 2019, Accessed: Jun. 05, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/8958

Zulian yamit., Manajement Kualitas Produk & Jasa . Yogyakarta: Ekonisia. , 2013. Accessed: Jun. 29, 2022. [Online]. Available: https://pustaka.pu.go.id/biblio/manajemen-kualitas-produk-dan-jasa/541BJ

S. Riadi, “Pengendalian Jumlah Cacat Produk Pada Proses Cutting Dengan Metode Quality Control Circle (QCC) Pada PT.Toyota Boshoku Indonesia (Tbina),” Journal Industrial Manufacturing, vol. 5, no. 1, pp. 57–70, 2020

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles