Analisis Kepuasan Konsumen Pada CV. Salsabillah Group Dengan Menggunakan Metode Service Quality
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v19i2.18052Abstract
CV. Salsabillah Group yaitu perusahaanmanufaktur batu kumbung yang berlokasi di Ds. Bolo Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Dalam penjualan batu kumbung kepuasan pelayanan pelanggan sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen. Maka dari itu kualitas pelayanan konsumen menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusahaan. Pada data penjualan batu kumbung di CV. Salsabilah Group selama bulan Mei – Oktober 2021 terjadi penurunan jumlah konsumen dengan grafik yang tidak stabil dan cenderung menurun. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan konsumendiperlukan penerapan metode Service Quality guna memperbaiki kualitas dalam pelayanan kepada konsumen agar meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan. Dalam penelitian ini data diolah dengan melakukan uji Reabilitas, Uji Validitas, Perhitungan GAP. hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa pada 10 atribut kepuasan pada konsumen, terdapat GAP antara persepsi CV. Salsabillah Group dan harapan konsumen yang mempunyai nilai (-2,09) kondisi lingkungan perusahaan. sebaiknya pada jalanan perusahaan sampai tempat parkir agar segera diperbaiki lagi, karena berpengaruh terhadap kenyamanan pelanggan ketika berkunjung. yang berarti pelayanan konsumen di perusahaan tidak sesuai dengan keinginankonsumennya dan perbaikan masih harus dilakukan dengan menggunakan usulan perbaikan yang telah diberikan pada penelitian ini.
Kata Kunci: Kepuasan, Pelayanan Konsumen, Service Quality, Kualitas, Batu kumbung
References
F. C. Putra, “Analisis Pengukuran Tingkat Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Yang Diintegrasikan Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) (Studi,” pp. 1–92, 2019.
U. Peningkatan et al., “Banten dengan menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL) SESAR TRIWIBOWO, HENDANG SETYO RUKMI, AMBAR HARSONO,” J. Online Inst. Teknol. Nas. Juli, vol. 02, no. 01, pp. 13–23, 2014.
H. Winarno and T. Absror (Universitas Serang Raya), “Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Service Quality (Servqual) Dan Importance Performance Analysis (Ipa) Pada Pt. Media Purna Engineering,” J. Manaj. Ind. Dan Logistik, vol. 1, no. 2, p. 162, 2017, doi: 10.30988/jmil.v1i2.38.
I. Murdifin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap KepuasanNasabah Pada PT. Bank Danamon CabangMakassar,” lldikti9.id Equilibrum, vol. 1, no. 2, pp. 23–33, 2020.
A. Dharmawan and F. Wurjaningrum, “Rancangan Perbaikan Kualitas Pelayanan Jasa Dengan Metode Servqual, Importance Performance Analysis, Dan Quality Function Deployment Pada Plasa Telkom Cabang Dinoyo Surabaya,” J. Manaj. Teor. dan Ter. J. Theory Appl. Manag., vol. 7, no. 3, pp. 207–224, 2016, doi: 10.20473/jmtt.v7i3.2712.
A. D. Linggan, “Penambahan Pelanggan IndiHome 2018,” vol. 6, no. 2, pp. 6548–6555, 2019.
M. Horax, L. Sanjaya, J. Pratiwi, and A. Yosephine, “Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelayanan Restoran Cepat Saji (Restoran X) dengan Metode Service Quality (Servqual),” J. Metris, vol. 18, pp. 65–74, 2017, [Online]. Available: http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/metris.
A. P. Anindya and Iva Mindhayani, “Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 7, no. 2, pp. 129–136, 2021, doi: 10.30656/intech.v7i2.3954.
H. J. Suripatty, “Analisa Kualitas Proses Produksi Analisa Kualitas Proses Produksi Produk Batu Batako PT. Karya Papua Nabire,” J. FATEKSA, vol. 1, no. 1, pp. 31–38, 2016.
B. Irawan, R. A. Kurnia, E. D. Sitanggang, and S. Achmady, “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual),” J. Keperawatan Dan Fisioter., vol. 3, no. 1, pp. 58–64, 2020, doi: 10.35451/jkf.v3i1.522.
A. Purnama and I. Sailah, “Peningkatan Tingkat Kepuasan Dosen Terhadap Kualitas Pelayanan Pelatihan Jurnal Berkualitasmelalui Metode Servqual,” J. Manaj., vol. 21, no. 3, p. 418, 2017, doi: 10.24912/jm.v21i3.260.
Y. P. Negoro, F. D. Yanti, and F. A. Sholikah, “MATRIK Jurnal Manajemen dan Teknik Industri-Produksi Peningkatan Kualitas Pelayanan Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Sejahtera Surabaya Dengan Pendekatan Service quality ( SERVQUAL ) Dan Quality Function Deployment ( QFD ),” vol. XXII, no. 2, 2022, doi: 10.350587/matrik.v22i2.3501.
D. F. Nurdiyanto, “Tugas Akhir Usaha Peningkatan Kualitas Pelayanan dengan Pendekatan Fuzzy dan Metode Service Quality pada Pusat Perbelanjaan Assalaam Hypermarket,” pp. 18–21, 2008.
O. P.Sianipar, P. Deoranto, and W. A. P. Dania, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Servqual (Service Quality) (Studi Kasus di Nest Coffee, Kota Jombang),” pp. 1–9.
R. Alfatiyah, “Analisis Kualitas Jasa Periklanan Dengan Kombinasi Metode Servqual Dan Quality Function Deployment (Qfd) Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan,” JITMI (Jurnal Ilm. Tek. dan Manaj. Ind., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2018.
A. Rahmi, A. Wulandari, and D. Marcelino, “Analisis IPA Dalam Mengukur Kepuasan Pelanggan PT. Medion Ardhika Bhakti Berdasarkan Dimensi SERVQUAL,” J. Adm. Prof., vol. 1, pp. 27–34, 2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.