Faktor Yang Berpengaruh Pada Pembelian Produk Minuman Herbal UMKM Rejeki Syeger

Authors

  • Mohammad Jufriyanto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nisa Isrofi Institut Teknologi Telkom Surabaya
  • Yulia Nur Ainiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Rifky Maulana Yusron Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19181

Abstract

Minuman herbal merupakan minuman yang diuat dari bahan naturat berasal dari tanaman, daun, akar, batang dan lain-lain. Minuman ini memiliki zat biaktif yang mampu mengurangi risiko penyakit. UMKM rejeki syeger merupakan salah satu industri rumahan minuman yang terletak di Desa Legundi Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. UMKM ini bergerak pada produksi minuman herbal. UMKM Rejeki Syeger ini masih dianggap UMKM yang cukup baru sehingga masih kurang dikenal oleh masyarakat. Penjualan UMKM Rejeki Syger mengalami fluktuatif, hal ini disebabkan adanya competitor yang juga melakukan penjualan minuman herbal. Untuk menghadapi hal tersebut UMKM Rejeki Syeger melakukan analisis faktor yang memperngaruhi keputusan konsumen dalam membeli minuma herbal UMKM Rejeki Syeger, sehingga dapat meningkatkan pemasaran. Pada penelitian ini ingin mengetahui faktor yang berpengaruh pada pembelian minuman herbal UMKM Rejeki Syeger. Pada penelitian menggunakan analisis faktor. Analisis faktor merupakan salah satu metode statistik multivariat untuk mencari faktor yang mampu menjelaskan hubungan dari berbagai indikator independen yang dilakukan observasi. Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa faktor yang paling dominan adalah faktor produk dengan nilai varian sebesar 33,42% meliputi Bahan baku menggunakan bahan alami (100% Gula Asli), Desain produk yang unik dan berbeda dengan yang lain, Informasi tentang produk lengkap, Harga minuman terjangkau.

References

P. Deoranto, I. A. Dewi, A. D. P. Citraresmi, I. P. Sari, and C. Dewi, “Antioxidant analysis of instant herbal beverages ingredients,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 733, no. 1, pp. 0–6, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/733/1/012133.

E. Saparianti and L. C. Hawa, “Peningkatan Efisiensi Produksi Minuman Herbal Instan Dan Kapasitas Produksi Minuman Herbal Cair,” TEKNOLOGI PANGAN: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, vol. 8, no. 1. 2017, doi: 10.35891/tp.v8i1.538.

F. Husain, E. Yuniati, A. A. Arsi, H. Wicaksono, and B. F. Wahidah, “Ethnobotanical knowledge on jamu herbal drink among consumer in Semarang,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 743, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/743/1/012019.

Suryani, L. Suprihartini, and Akhirman, “ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUKHERBAL HPAI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA PELANGGAN PRODUK HERBAL HPAI DI KOTA TANJUNGPINANG),” vol. 4, pp. 448–462, 2021.

Z. U. Nukha, R. R. Kurniati, and R. N. Hardati, “Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui,” Jiagabi, vol. 10, no. 1, pp. 75–84, 2021.

N. Aini, N. Muflihah, and A. Sukarsono, “Penerapan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Atribut Produk Minuman Herbal “Akar Tanjung",” Cyber-Techn, vol. 14, no. 02, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/5.

H. Al Aliyah and B. Istiyanto, “Service Quality, Product Quality, Price and Brand Image on Customer Satisfaction of Boyolali Noni Juice Drinks During a Pandemic,” J. Sinar Manaj., vol. 09, no. 01, pp. 130–135, 2022.

M. Marwati and A. Amidi, “Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal,” J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 2, p. 168, 2019, doi: 10.32502/jimn.v7i2.1567.

J. P. Verma and A. S. G. Abdel-Salam, Testing statistical assumptions in research. 2019.

N. Shrestha, “Factor Analysis as a Tool for Survey Analysis,” Am. J. Appl. Math. Stat., vol. 9, no. 1, pp. 4–11, 2021, doi: 10.12691/ajams-9-1-2.

J. Perbendaharaan et al., “Exploratory Factor Analysis (EFA) Pada Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017 di Provinsi Sumatera Barat,” Indones. Treas. Rev. J. Perbendaharaan, Keuang. Negara dan Kebijak. Publik, vol. 3, no. 3, pp. 236–254, Dec. 2018, doi: 10.33105/ITREV.V3I3.72.

E. Marlapa and B. Mulyana, “THE EFFECT OF WORK DISCIPLINE AND WORK MOTIVATION ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY WITH COMPETENCE AS INTERVIENING VARIABLES,” Int. Rev. Manag. Mark., vol. 10, no. 3, pp. 54–63, May 2020, doi: 10.32479/IRMM.9922.

. D. and . H. H., “THE EFFECT OF WORK MOTIVATION AND WORK ENVIRONMENT ON PERFORMANCE WITH SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES EDUCATION PERSONNEL REKTORATE ANDALAS UNIVERSITY,” Arch. Bus. Res., vol. 7, no. 2, Feb. 2019, doi: 10.14738/ABR.72.5768.

Downloads

Published

2022-11-30