Faktor Yang Berpengaruh Pada Pembelian Produk Minuman Herbal UMKM Rejeki Syeger
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v20i1.19181Abstract
Minuman herbal merupakan minuman yang diuat dari bahan naturat berasal dari tanaman, daun, akar, batang dan lain-lain. Minuman ini memiliki zat biaktif yang mampu mengurangi risiko penyakit. UMKM rejeki syeger merupakan salah satu industri rumahan minuman yang terletak di Desa Legundi Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. UMKM ini bergerak pada produksi minuman herbal. UMKM Rejeki Syeger ini masih dianggap UMKM yang cukup baru sehingga masih kurang dikenal oleh masyarakat. Penjualan UMKM Rejeki Syger mengalami fluktuatif, hal ini disebabkan adanya competitor yang juga melakukan penjualan minuman herbal. Untuk menghadapi hal tersebut UMKM Rejeki Syeger melakukan analisis faktor yang memperngaruhi keputusan konsumen dalam membeli minuma herbal UMKM Rejeki Syeger, sehingga dapat meningkatkan pemasaran. Pada penelitian ini ingin mengetahui faktor yang berpengaruh pada pembelian minuman herbal UMKM Rejeki Syeger. Pada penelitian menggunakan analisis faktor. Analisis faktor merupakan salah satu metode statistik multivariat untuk mencari faktor yang mampu menjelaskan hubungan dari berbagai indikator independen yang dilakukan observasi. Hasil dari pengolahan data diperoleh bahwa faktor yang paling dominan adalah faktor produk dengan nilai varian sebesar 33,42% meliputi Bahan baku menggunakan bahan alami (100% Gula Asli), Desain produk yang unik dan berbeda dengan yang lain, Informasi tentang produk lengkap, Harga minuman terjangkau.References
P. Deoranto, I. A. Dewi, A. D. P. Citraresmi, I. P. Sari, and C. Dewi, “Antioxidant analysis of instant herbal beverages ingredients,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 733, no. 1, pp. 0–6, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/733/1/012133.
E. Saparianti and L. C. Hawa, “Peningkatan Efisiensi Produksi Minuman Herbal Instan Dan Kapasitas Produksi Minuman Herbal Cair,” TEKNOLOGI PANGAN: Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, vol. 8, no. 1. 2017, doi: 10.35891/tp.v8i1.538.
F. Husain, E. Yuniati, A. A. Arsi, H. Wicaksono, and B. F. Wahidah, “Ethnobotanical knowledge on jamu herbal drink among consumer in Semarang,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 743, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1755-1315/743/1/012019.
Suryani, L. Suprihartini, and Akhirman, “ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUKHERBAL HPAI DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (PADA PELANGGAN PRODUK HERBAL HPAI DI KOTA TANJUNGPINANG),” vol. 4, pp. 448–462, 2021.
Z. U. Nukha, R. R. Kurniati, and R. N. Hardati, “Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui,” Jiagabi, vol. 10, no. 1, pp. 75–84, 2021.
N. Aini, N. Muflihah, and A. Sukarsono, “Penerapan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Atribut Produk Minuman Herbal “Akar Tanjung",” Cyber-Techn, vol. 14, no. 02, pp. 1–9, 2020, [Online]. Available: http://ojs.stt-pomosda.ac.id/index.php/cybertechn/article/view/5.
H. Al Aliyah and B. Istiyanto, “Service Quality, Product Quality, Price and Brand Image on Customer Satisfaction of Boyolali Noni Juice Drinks During a Pandemic,” J. Sinar Manaj., vol. 09, no. 01, pp. 130–135, 2022.
M. Marwati and A. Amidi, “Pengaruh Budaya, Persepsi, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Obat Herbal,” J. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 2, p. 168, 2019, doi: 10.32502/jimn.v7i2.1567.
J. P. Verma and A. S. G. Abdel-Salam, Testing statistical assumptions in research. 2019.
N. Shrestha, “Factor Analysis as a Tool for Survey Analysis,” Am. J. Appl. Math. Stat., vol. 9, no. 1, pp. 4–11, 2021, doi: 10.12691/ajams-9-1-2.
J. Perbendaharaan et al., “Exploratory Factor Analysis (EFA) Pada Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2017 di Provinsi Sumatera Barat,” Indones. Treas. Rev. J. Perbendaharaan, Keuang. Negara dan Kebijak. Publik, vol. 3, no. 3, pp. 236–254, Dec. 2018, doi: 10.33105/ITREV.V3I3.72.
E. Marlapa and B. Mulyana, “THE EFFECT OF WORK DISCIPLINE AND WORK MOTIVATION ON EMPLOYEE PRODUCTIVITY WITH COMPETENCE AS INTERVIENING VARIABLES,” Int. Rev. Manag. Mark., vol. 10, no. 3, pp. 54–63, May 2020, doi: 10.32479/IRMM.9922.
. D. and . H. H., “THE EFFECT OF WORK MOTIVATION AND WORK ENVIRONMENT ON PERFORMANCE WITH SATISFACTION AS INTERVENING VARIABLES EDUCATION PERSONNEL REKTORATE ANDALAS UNIVERSITY,” Arch. Bus. Res., vol. 7, no. 2, Feb. 2019, doi: 10.14738/ABR.72.5768.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.