PRODUKTIVITAS LAYANAN POS PAY DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI PT. POS CABANG PEKANBARU

Authors

  • Idria Maita Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
  • Indra Robianto Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v10i2.538

Keywords:

Balanced Scorecard, Perspektif Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Produktifitas

Abstract

Tingginya tingkat persaingan didunia bisnis mengakibatkan pihak perusahaan harus lebih meningkatkan Produktifitas perusahaan. Terjadinya kekosongan, adanya perbedaan pelayanan dan panjangnya antrian pada layanan Pos Pay membuat perlunya dilakukan suatu pengukuran terhadap Produktifitas perusahaan. Pengukuran Produktifitas pada penelitian ini dinilai menggunakan metode pengukuran Balanced scorecard dengan metodologi penelitian; observasi,wawancara dan kuesioner. Pengukuran ini dilakukan untuk menilai Produktifitas perusahaan berdasarkan perspektif pelanggan serta untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan oleh pihak manajemen perusahaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produktivitas layanan Pos Pay kantor pos indonesia cabang pekanbaru dinilai Cukup Baik. Hal ini ditunjukkan dari indikasi perspektif pelanggan yaitu: pada variabel retensi pelanggan mengalami peningkatan dengan indikasi nilai Baik dan akusisi pelanggan yang mengalami peningkatan dengan indikasi nilai buruk serta indikator lingkungan organisasi pada presepsi kepuasan pelanggan mengalami tingkat validitas paling rendah. Agar tercapainya Visi dan Strategi maka perusahaan harus memperbaiki variabel Akusisi pelanggan dan indikator lingkungan organisasi yang dinilai masih kurang baik terhadap Produktifitas perusahaan.

     

Author Biographies

Idria Maita, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau


       

Indra Robianto, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau


     

References

Alex S. Nitisemito “Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi ke 3, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta. 2000

Dessler dan Gary “Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Indeks”. Edisi Ke 9, Jakarta. 2004

Gaspersz, Vincent “ Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Malcolm Baldrige Dan Lean Six Sigma Supply Chain Management ”. Penerbit Vinchristo Publication, Bogor. 2011

Mulyadi “Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan”. Jakarta. 2001

Pratiwi, Putri Dhika “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Cabang Solo”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008

Priyatno,Duwi “Aplikasi Dan Penerapan SPSS 17”. 2009

Rusdiyanto, Ahmad Falah ”Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. 2010

Robbins, S. P “Perilaku Organisasi (Terjemahan) PT. Indeks Kelompok “. Penerbit Gramedia, Jakarta. 2006

Sedarmayanti “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja” Bandung. 2001

Umar, Husein”Riset Sumber Daya Dalam Organisasi”. Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2001

Downloads

Published

2014-10-29

Issue

Section

Articles