PRODUKTIVITAS LAYANAN POS PAY DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD DI PT. POS CABANG PEKANBARU
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v10i2.538Keywords:
Balanced Scorecard, Perspektif Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, ProduktifitasAbstract
Tingginya tingkat persaingan didunia bisnis mengakibatkan pihak perusahaan harus lebih meningkatkan Produktifitas perusahaan. Terjadinya kekosongan, adanya perbedaan pelayanan dan panjangnya antrian pada layanan Pos Pay membuat perlunya dilakukan suatu pengukuran terhadap Produktifitas perusahaan. Pengukuran Produktifitas pada penelitian ini dinilai menggunakan metode pengukuran Balanced scorecard dengan metodologi penelitian; observasi,wawancara dan kuesioner. Pengukuran ini dilakukan untuk menilai Produktifitas perusahaan berdasarkan perspektif pelanggan serta untuk memberikan rekomendasi pengambilan keputusan oleh pihak manajemen perusahaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produktivitas layanan Pos Pay kantor pos indonesia cabang pekanbaru dinilai Cukup Baik. Hal ini ditunjukkan dari indikasi perspektif pelanggan yaitu: pada variabel retensi pelanggan mengalami peningkatan dengan indikasi nilai Baik dan akusisi pelanggan yang mengalami peningkatan dengan indikasi nilai buruk serta indikator lingkungan organisasi pada presepsi kepuasan pelanggan mengalami tingkat validitas paling rendah. Agar tercapainya Visi dan Strategi maka perusahaan harus memperbaiki variabel Akusisi pelanggan dan indikator lingkungan organisasi yang dinilai masih kurang baik terhadap Produktifitas perusahaan.
References
Alex S. Nitisemito “Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi ke 3, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta. 2000
Dessler dan Gary “Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Indeks”. Edisi Ke 9, Jakarta. 2004
Gaspersz, Vincent “ Sistem Manajemen Kinerja Terintegrasi Balanced Scorecard Dengan Malcolm Baldrige Dan Lean Six Sigma Supply Chain Management ”. Penerbit Vinchristo Publication, Bogor. 2011
Mulyadi “Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan”. Jakarta. 2001
Pratiwi, Putri Dhika “Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard pada PT. Bank Tabungan Negara (persero) Cabang Solo”. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2008
Priyatno,Duwi “Aplikasi Dan Penerapan SPSS 17”. 2009
Rusdiyanto, Ahmad Falah ”Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. 2010
Robbins, S. P “Perilaku Organisasi (Terjemahan) PT. Indeks Kelompok “. Penerbit Gramedia, Jakarta. 2006
Sedarmayanti “Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja” Bandung. 2001
Umar, Husein”Riset Sumber Daya Dalam Organisasi”. Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2001
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.