ANALISIS PENERIMAAN SISTEM e-learning SMK LABOR PEKANBARU DENGAN MENGGUNAKAN TECHOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Authors

  • Nurmaini Dalimunthe Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
  • Himawan Wibisono Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v11i1.564

Keywords:

Analisis Deskriptif, SMK Labor Pekanbaru, TAM.

Abstract

Penelitian mengenai analisis penerimaan sistem e-learning SMK Labor Pekanbaru dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengukur persepsi penerimaan siswa terhadap kemudahan pemakaian dan kemanfaatan sistem e-learning dan mengetahui faktor-faktor yang dapat mendorong siswa dalam menggunakan sistem e-learning pada SMK Labor Pekanbaru. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif dengan melakukan pengamatan dan pemantauan secara langsung pada objek penelitian dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Objek penelitian adalah siswa SMK Labor Pekanbaru sebanyak 65 orang responden yang diambil dari siswa kelas XI dan XII jurusan Teknk Komputer Jaringan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rentang kategori dan persentase melalui skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan sistem e-learning SMK Labor Pekanbaru untuk persepsi Kemudahan Pemakaian adalah termasuk ke dalam kategori “Sangat Puas” dengan persentase 97,45%, dan untuk persepsi Kemanfaatan adalah termasuk ke dalam kategori “Sangat Puas” dengan persentase 97,45.

       

Author Biographies

Nurmaini Dalimunthe, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau


       

Himawan Wibisono, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau


     

References

Agustiawan,Yosi, dan Subagyo, Vidayana. “Kajian Penerimaan E-learning Siswa RSBI Dengan Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Meningkatkan Mutu Siswa SMA di Daerah (Studi Kasus RSBI Kab. Jombang)”. 2010

Park, S. Y. “An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-learning”. Educational Technology & Society, 12 (3), 150–162. 2009

Jogiyanto, HM. “Sistem informasi keperilakuan". Edisi Revisi. Penerbit ANDI Offset Yogyakarta. 2008

Suzamkonyden, Mikye Wijaya. “Evaluasi sistem informasi perpustakaan UIN Suska berdasarkan Organisasi, Manajemen dan Teknologi”. Fakultas Sains dan Teknologi Riau. Pekanbaru. 2012

Sugiyono. “Metode Penelitian Administrasi”. Penerbit ALFABETA. Bandung.2012

Downloads

Published

2014-11-04