PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ANYAMAN PANDAN
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v11i2.745Keywords:
Perancangan, Strategi Pemasaran, Marketing Mix 7P, Regresi Linier Berganda, Promosi dan Produk.Abstract
Strategi pemasaran dapat menentukan alternatif tindakan yang memungkinkan perusahaan mencapai misi dan dan tujuan dengan cara terbaik. Home Industry Saiyo Sakato merupakan industri rumahan kerajinan tangan yang mengolah pandan menjadi sebuah produk yang dapat dipasarkan. Usaha pengembangan Home Industry dalam upaya meningkatkan daya saing mengalami kendala, baik dari pemasaran maupun yang lainnya, seperti, target penjualan tidak tercapai, keuntungan yang diinginkan dan menurunnya penjualan jenis item produk serta tidak merata penjualan setiap item produk. Salah satu bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan produk untuk menciptakan minat beli konsumen adalah penggunaan bauran pemasaran (Marketing Mix 7P) dengan pengolahan data menggunakan regresi linier berganda dengan tujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen dan menghasilkan sebuah strategi pemasaran agar target yang diinginkan tercapai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel independen (7P) secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhada minat beli konsumen, hal ini ditunjukkan dengan F hitung 13.258 > F tabel 2.17. Kemudian dari tujuh faktor tersebut dapat diketahui bahwa faktor promosi dan produk paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan faktor promosi t hitung 7.762 > t tabel 1.69 serta faktor produk dengan t hitung 1.749 > t tabel = 1.67. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 16 For Windows dengan metode regresi linier berganda, strategi pemasaran yang akan dikembangkan pada faktor promosi dan produk karena berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Faktor ini efektif dalam strategi pemasaran, karena terdapat perbedaan yang siginifikan sebelum dan sesudah penggunaan faktor ini.References
Afrilita Nur, (2013), “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda. eJournal Adminsitrasi Bisnis.
Duwi Budianto, (2012), “Pengaruh lokasi usaha, tata letak produk, kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadapap kepuasan konsumen dalam meningkatkan penjualan produk”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Haryadi Rudi, (2009), “ Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing Mix”, Tesis. Universitas
Diponegoro.
Irianto Agus, (2009), “Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya”. Edisi Pertama, Penerbit: Prenada Media Group, Jakarta.
Janie Arum Nirmala Dyah, (2012), “Statistik Deskriptif & Regresi Liniear Berganda Dengan SPSS. Jurnal.
Kottler, Philip., dan Keller. Kevin lane. (2008), “Manajemen Pemasaran”. Penerbit: Erlangga, Jakarta.
Kurniawan Deny, (2008), “Uji T Berpasangan (Paired T-Test)”, Jurnal.
Lumbantobing, M., Melda, (2013), “ Pengaruh Prestise, Persaingan dan Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Fountain Ice Cream Café Plaza Medan Fair, “ Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatra Utara Medan.
Pujiyanto, (2003), “Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Periklanan”. Jurnal Nirmana.
Rachmawati Rina, (2011), “Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik.
Radix A., Sumanto, dan Sukotjo, Hendri, (2010), “ Analisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process dan Physical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya,” Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis.
Risman, (2009), “ Strategi Pemasaran Produk Dafa Yoghurt Pada Unit Pengolahan Peternakan Yayasan Darul Fallah Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor,” Skripsi. Institut Pertanian Bogor.
Rusmini, (2013), “Strategi Promosi Sebagai Dasar Peningkatan Respons Konsumen”, Jurnal Pengembangan Humaniora.
Sari intan, dkk. (2005), “Analisis Sensitivitas Marketing Mix Terhadap Tingkat Pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) Di Kota Malang. Jurnal. Universitas Diponegoro, Semarang.
Santosa, Gunawan, (2004), “ Statistik”, Penerbit: Andi Yogyakarta.
Saulaima Wahid. 2004. “Analisis Regresi Menggunakan SPSS”. Penerbit Andi Yogyakarta.
Setyaningsih, Rahmawati, (2008),“ Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang,” Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang.
Siregar Syofian, (2010), “Statistika Deskriptif untuk Penelitian”, Penerbit: PT Raja Grafindo, Jakarta.
Sudirman, (2011), “Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Pada Harian Fajar Di Makasar “. Jurnal. 2011.
Sugiyono, (2012), “Statiska Untuk Penelitian”. Penerbit: Alfabeta, Bandung.
Supranto, J, (2000), ”Statistik Teori Dan Aplikasi”. Penerbit: Erlangga, Jakarta.
Tjiptono Fandy, (2008) “Strategi Pemasaran”. Penerbit: Andi Yogyakarta.
Umar Husein, (2005), “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”. Penerbit: PT Granmedia Pustaka Utama, Jakarta.
Uyanto Stanislaus, (2009), “Pedoman Analisis Data Dengan SPSS”. Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.