ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEMUDAHAN DAN MANFAAT TERHADAP PENERIMAAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI DATA POKOK PENDIDIKAN DASAR (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kampar)
DOI:
https://doi.org/10.24014/sitekin.v12i1.782Keywords:
Kemudahan, Manfaat, Sistem Informasi Dapodikdas, Technology Acceptance Model.Abstract
Sistem Informasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) merupakan sistem informasi pengolahan data pendidikan dasar yang digunakan oleh setiap operator sekolah pendidikan dasar.Dalam penggunaan sistem informasi Dapodikdas ini masih ada pengguna yang belum mengetahui kemudahan dan manfaat yang ada pada sistem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor kemudahan dan manfaat terhadap penerimaan pengguna Sistem Informasi Dapodikdas dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang dimodifikasi, yaitu Perceived Ease of Use (PEOU) dan Perceived Usefulness (PU) sebagai variabel independen sedangkan Acceptance of IT sebagai variabel dependen. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 85 orang operator. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan pengguna terhadap penerapan Sistem Informasi Dapodikdas sebesar 33,5 % dipengaruhi oleh faktor kemudahan (perceived ease of use) dan manfaat (perceived usefulness) dengan hubungannya tergolong cukup berarti sebesar 59,3% . Hal ini dapat membuktikan bahwa apabila nilai dari faktor kemudahan dan manfaat meningkat, maka penerimaan pengguna terhadap teknologi informasi / sistem informasi akan meningkat.References
Hartono, (2008), “SPSS 16 Analisis Data Penelitian Dan Statistika”. Pustaka Belajar, Yogyakarta.
Jogianto, (2007), “Sistem Informasi Keperilakuan”. Edisi Revisi. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Kartika, S, (2009), “Analisis Proses Penerimaan Sistem Informasi Icons Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Karyawan PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk”. Jurnal. Universitas Diponegoro, Semarang.
Kemdikbud, (2013), “Manual Aplikasi DAPODIKDAS 2013”. Kemdikbud, Jakarta.
Oktavianti, Bramantika, (2007), “Evaluasi Penerimaan Sistem Teknologi Informasi Dengan Menggunakan Variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Dan Perceived Enjoyment (studi kasus: di PT Sanggar Sarana Baja pada Departemen Accounting dan Marketing)”. Tesis. Program Studi Magister Sains Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Saputro, N, (2011), “Analisis Persepsi Penerapan Sistem Informasi Pada PT. Ups Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)”. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo,Gunadarma.
Sudarmanto, Gunawan, (2005), “Analisis Regresi Linear Ganda Dengan SPSS”. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Surachman, A, (2008), “Analisis Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) Terpadu Versi 3 Di Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM)”.Jurnal Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Downloads
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Copyright Notice
An author who publishes in the SITEKIN Journal agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.