Pemetaan Potensi Industri Kreatif Unggulan Madura

Authors

  • Rachmad Hidayat UTM

DOI:

https://doi.org/10.24014/sitekin.v12i2.944

Keywords:

pemetaan potensi, industri kreatif dan klasifikasi baku lapangan usaha indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemetaan potensi dan penentuan industri kreatif unggulan di Madura berdasarkan variabel-variabel yang digunakan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia tahun 2007, yaitu berdasarkan pada KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia). Penelitian ini memetakan industri kreatif yang ada di kabupaten Bangkalan Madura kedalam 14 subsektor tersebut dan menentukan industri kreatif unggulan di Madura. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga subsektor industri kreatif unggulan berdasarkan empat variabel KBLI yaitu subsektor Kerajinan, subsektor Desain Feysen dan subsektor Video, Film dan Fotografi. Dan industri kreatif unggulan yang diperoleh berdasarkan perhitungan efisiensi dengan metode DEA. Subsektor video, film, dan fotografi dapat dijadikan sebagai industri kreatif unggulan yang patut dikembangkan.

References

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2009). Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi, Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdagangan Republik Indonesia. Jakarta.

Primorac, Jaka. (2006). The position of cultural workers in creative industries: the south-eastern European perspective. European Cultural Foundation.

Potts, J., & Cunningham, S. (2008). Four models of the creative industries. International journal of cultural policy, 14(3), 233-247.

UNCTAD. (2008). Creative economy report 2008. United Nations.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Departemen Perdagangan Republik Indonesia. Jakarta.

Oakley, K. (2009). The disappearing arts: Creativity and innovation after the creative industries. International Journal of Cultural Policy, 15(4), 403-413.

Flew, T., & Cunningham, S. (2010). Creative industries after the first decade of debate. The Information Society, 26(2), 113-123.

Flew, T. (2010). Toward a cultural economic geography of creative industries and urban development: introduction to the special issue on creative industries and urban development. The information society, 26(2), 85-91.

Banks, M. (2010). Craft labour and creative industries. International journal of cultural policy, 16(3), 305-321.

Chaston, I., & Sadler‐Smith, E. (2012). Entrepreneurial cognition, entrepreneurial orientation and firm capability in the creative industries. British Journal of Management, 23(3), 415-432.

Zheng, J. (2010). The entrepreneurial state in creative industry cluster development in Shanghai. Journal of urban affairs, 32(2), 143-170.

Potts, J. (2009). Why creative industries matter to economic evolution. Economics of innovation and new technology, 18(7), 663-673.

Taylor, C. (2006). Beyond advocacy: Developing an evidence base for regional creative industry strategies. Cultural Trends, 15(1), 3-18.

Downloads

Published

2015-06-30

Issue

Section

Articles