MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNEMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA

Authors

  • misnawati misnawati Guru SMP Negeri 2 Kuantan Mudik

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2408

Keywords:

Teams Games Tournament, Hasil Belajar

Abstract

Metode klasik dengan berceramah yang digunakan guru dalam memberikan pelajaran tidak efisien dan membuat siswa cendrung pasif. Perlu suatu metode yang khusus untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif. Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII C SMPN 2 Kuantan Mudik bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa tahun ajaran 2008/2009. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan rata-rata nilai ulangan harian 1 pada siklus 1 mengalami peningkatan dari 65.2% menjadi 76.32%. Hasil rata-rata nilai ulangan harian 1 pada siklus 1 dengan hasil ulangan harian 2 pada siklus 2 juga meningkat dari 76.32% menjadi 89.04%. Keberhasilan proses pembelajaran kooperatif tipe TGT terlihat pada ketercapaian KKM oleh siswa sebesar 100%.

Downloads

Published

2017-01-05

Issue

Section

Articles