PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (GEOGRAFI) MELALUI METODE INQUIRI
DOI:
https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2411Keywords:
Hasil Belajar, Geografi, Inquiri.Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar georafi siswa kelas IX5 SMPN 1 Kuantan Mudik. Variable penelitian yang akan dilaksanakan adalah terdiri dari aktifitas guru dan siswa. Dengan menggunakan metode inquiry, rata-rata aktifitas guru mengajar di kategorikan baik dengan perolehan nilai 38,25. Persentase rata-rata aktivitas siswa dengan klasifikasi baik 46,43%, cukup 46,42% dan kurang 7,15%. Perolehan rata-rata persentase hasil kerja kelompok siswa, sangat baik 41,67%, baik 33,33%, cukup 25%, dan kurang 0%. Ketrampilan afektif siswa meningktan dengan rata-rata persentase baik sekali 54,74% baik 35,74%, kurang 9,53% dan kurang sekali 0%. Hasil belajar materi pelajaran IPS (Georafi) mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode inquiry, rata-rata persentase daya serap siswa selama empat kali pertemuan 81,2%. Perolehan nilai rata-rata pada ulangan harian adalah 88%. Pembelajaran menggunakan metode inquiry khususnya pada IPS (Georafi) harus ditindak lanjuti sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa dan dapat mengembangkan penyelesaian-penyelesaian terhadap masalah-masalah.