DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGHITUNG KELILING, LUAS BANGUN DATAR SERTA PENGENALAN SEJARAH UANG DAN KEGUNAANNYA

Authors

  • SYAFRIDA SYAFRIDA Guru SD Negeri 007 Simandolak Kecamatan Benai

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v2i2.2416

Keywords:

Metode Demonstrasi, Pemahaman Siswa

Abstract

Metode demonstrasi merupakan salah satu metode yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Matematika dan IPS guna meningkatkan kemampuan pemahaman siswa menghitung keliling bangun datar, persegi panjang dan persegi serta mengenal sejarah uang dan kegunaannya dikelas III SD Negeri 002 Muara Lembu. Metode ini diterapkan oleh peneliti dalam sebuah penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan kesimpulan yang diperoleh, antara lain: (1) penerapan metode demonstrasi sangat membantu dalam menghitung keliling bangun datar dan pengenalan sejarah uang serta kegunaannya, (2) tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan termotivasinya siswa dalam proses pembelajaran, dan (3) dapat meningkatkan profesionalisme guru terhadap proses pembelajaran.

 

 


 

 


Downloads

Published

2017-01-05

Issue

Section

Articles