MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGATHER (NHT) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Abu Rais Kepala SDN 017 Tanjung Beringin

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i1.3043

Keywords:

Number Head Togather, PKn, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Menerapkan Model Pembelajaan Number Head Together (NHT) Siswa Kelas V SD Negeri 017 Tanjung Beringin Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2015. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran  Number Head Togather (NHT) diharapkan hasil belajar PKn siswa meningkat. (2) Memotivasi guru dalam mengembangkan metode dan strategi dalam pembelajaran. (3) Meningkatkan kompentensi pedagogik guru dalam menyusun rencana, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan model pembelajaran Number Head Togather (NHT) yang terdiri dari 6 langkah yaitu: persiapan, pembentukan kelompok, mempersiapkan siswa memiliki buku paket/buku pegangan, diskusi masalah, pemberian nomor anggota atau pemberian jawaban, dan member kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Number Head Togather (NHT) yang disebut juga dengan Kepala Bernomor, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70 dengan ketuntasan 67 %, lalu meningkat pada siklus  II menjadi 77 dengan ketuntasan 100%. (2) Setelah diterapkannya model pembelajaran Number Head Togather (NHT) yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar PKn pada Pokok Bahasan Organisasi pada Siswa Kelas V SD Negeri 017 Tanjung Beringin dapat meningkat.

Downloads

Published

2017-03-15