PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sanusi Sanusi SD Negeri 1 Selat Baru Kec. Bantan Kab. Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3601

Abstract

Penerapan metode Teams Games Tournament  (TGT)  mampu memberikan warna dalam proses pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa metode  mampu membentuk karakter siswa dalam bentuk rasa kebersamaan, tanggung jawab bersama, komunikatif, dan berani menyampaikan pendapat. Dari hasil belajar terbukti bahwa nilai rata-rata evaluasi sebesar 66,95 pada pra siklus I dan 74,74 setelah siklus I,  67,74 pada pra siklus II dan 82 pada setelah siklus II.Kenaikan nilai rata-rata sesudah siklus I dan sesudah siklus II sebesar 7,26 atu 9,71%. Artinya bahw metode ini sangat layak untuk diterapkan di SD padaa mata pelajaraan IPS.

Downloads

Published

2017-06-20