PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR- SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Murni Murni SDN 32 Selat Baru Bantan Kec. Bantan Kab. Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3604

Abstract

Salah satu tugas seorang guru adalah bagaimana bisa melakukan transfer knowledge dengan baik dan sempurna. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share merupakan salah satu metode yang mampu memberikan nuansa pembelajaran aktif dan kreatif bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan dengan metode ini pada siklus pertama rata-rata 64,44 dan pada siklus kedua 68,89. Sementara setelah dilakukan tindakan siklus pertama rata-rata 72,22 dan pada siklus kedua 83,33. Artinya metode think pair share mampu memberikan perubahan kenaikan nilai sebesar 12,07%  pada siklus pertama dan 20,96% pada siklus kedua.

Downloads

Published

2017-06-20