PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Rusmawati Rusmawati SD Negeri 031 Tarai Bangun

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3607

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini adalah salah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 034 Tarai Bangun Kecamatan Tambang. Alat peraga akan memberi efek peningkatan terhadap proses pembelajran di kelas. Hal ini tampak dengan betambahnya minat siswa dan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan ketika penggunaan alat peraga langsung siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana yang dilakukan dua siklus dapat meningkatkn hasil belajar siswa. Hal ini terlihat berdasarkan nilai rata-rata kelas naik dari 65 sampai 78. Diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan metode penggunaan alat peraga langsung dalam poses pembelajaran.

Downloads

Published

2017-06-20