PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN DAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MEMBUAT RINGKASAN CERITA

Authors

  • Marianis Marianis SD Negeri 001 Teluk Beringin Kecamatan Gunung Toar

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktifitas dan minat belajar siswa kelas IV SDN 001 Teluk Beringin pada mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman konsep bilangan pecahan pada pembelajaran matematika. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat ringkasan cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2017-06-20