MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEMOSTRASI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • marjan marjan Guru SDN 003 Pulau Panjang Hilir Kec. Inuman

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4087

Abstract

Penelitian meningkatkan hasil  belajar siswa terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran demostrasi  di kelas VI SDN 012 Lebuh Lurus Kecamatan Inuman Kabupaten Kuantan Singingi tahun pelajaran 2009/2010 adalah untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar dan kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi  operasi bilangan bulat. Hal ini karena guru tidak melibatkan siswanya  selama proses belajar mengajar berlangsung sehingga siswa cenderung pasif. Objek penelitian adalah siswa dikelas VI ada 25 orang terdiri dari laki-laki 8 orang dan perempuan 17 orang. Bidang studi yang akan di teliti adalah matematika. Waktu penelitian tanggal 1 sampai 15 Oktober 2009. Hasil penelitian menunjukkan, pada pra siklus nilai grafik tertinggi terjadi pada 0-49 dan 50-59 yakni 40 %. siklus I siswa yang mendapatkan garifik tertinggi terjadi pada nilai 50-59 yaitu 58% dan setelah dilakukan siklus II maka grafik tertinggi siswa tedapat pada nilai 70-79  yakni 32% dengan demikian peningkatan belajar siswa lebih kurang 50% . Peningkatan  diatas berarti guru merupakan salah satu faktor yang cukup menentukan keberhasilan siswa dalam belajar siswa.

Downloads

Published

2017-10-17