PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG DAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tri Umiatik Tri Umiatik Guru SDN 015 Sungai Sirih

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan terhadap proses belajar mengajar sehingga tercapai ketuntasan belajar baik secara individual maupun klasikal dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas I Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Sirih Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika dan Bahasa Indonesia di kelas I Sekolah Dasar Negeri 015 Sungai Sirih Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2017-10-17